nhk

Jelang Race MotoGP Argentina 2018: Marquez Risiko Tipe Ban, Pedrosa Basah-Kering

ManiakMotor – Marc Marquez sebenarnya sudah sempat tecepat di Q2. Saat itu catatan 1’47.754 nyaris tak tergoyahkan. Time itu juga didapat Marquez dengan ban slick ketika lintasan Rio Hondo di Argentina antara basah dan kering, tapi lebih banyak basahnya. Itu kejadiannya Sabtu 7 April 2018.

Sayang, untuk penggunaan ban kedua, Marquez mengganti alas roda RC213V-nya dengan ban basah. Hasilnya itu catatannya nggak bisa dipertajam dan hanya membuat ke-6, “Jujur saja, ban slick di Q2 bisa membawa cepat, tapi punya risiko tinggi,” sebut Marquez yang lebih mementingkan serial yang banyak  ketimbang celaka di salah satue dan tertunda mendulang point.

Waduh… sudah mulai cari aman nih? Mungkin tidak, mungkin ya! Marquez dan krunya bisa saja punya pemikiran berbeda. Siapa tahu dengan ban basah justru lebih cepat. Tapi saat itu, malah makin kering di beberapa bagian sehingga ban basah nggak bisa lebih cepat lagi.

Marquez tetap bersyukur dengan start dari grid ke-6. Baginya, kualifiaksi yang rumit seperti di GP Argentina akan berbeda dengan lomba. “Di hujan pun saya mengerti menjalankan ritmenya jika terjadi anomali cuaca. Makanya ke-6 sudah cukup lumayan, lantaran berada di baris kedua saat start,” pungkas Marquez.

Sementara rekan setimnya Dani Pedrosa justru sebaliknya dengan Marquez. Di akhir sesi menggunakan slick yang melejitkannya ke depan. Sempat dikira nggak ada lagi yang bisa melampui catatannya, tapi di akhir sesi ‘dimakan’ oleh Jack Miller, “Grid ke-2 modal untuk race. Saya siap main basah dan kering,” singkat Pedrosa yang ronde Argentina ini juga pertaruhannya apakah diperpanjang kontraknya, pindah tim atau pensiun. MM    

BACA JUGA

Hasil MotoGP Argentina 6 – 8 April 2018

Klasemen MotoGP 2018, Moto2, Moto3 2018

Q2 MotoGP Argentina 2018: Jack Miller Pole, Pedrosa Ke-2, Dua Yamaha?

FP4 MotoGP Argentina 2018: Marquez (Lagi), Kedua Pedrosa, Rossi Ke-10