nhk

Jelang Race MotoGP Argentina 2018: Rossi & Vinales Butuh Pawang Hujan

ManiakMotor – Dua pembalap Yamaha berdoa kering. Kalau pun basah, basah sekalian. Tapi tetap kuat pengharapan mereka tanpa hujan ketika lomba ronde 2 MotoGP di sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina pada Minggu 8 April 2018. Kering, M1 akan bagus lajunya, kalau basah-kering petaka buat M1. Basan sekalian, tanda tanya pula.

Maverick Vinales harus start dari grid ke-9 dan Valentino Rossi dari 11. Itu dari hasil Q2 yang kualifikasinya lintasan kering dan basah. Saat itu, M1 keduanya keteteran, “Q2 yang sulit. Dalam kondisi ini, keluar dengan ban basah, tetapi aspal beberapa bagian kering. Di bagian kerting ban sering ‘meleot’, lantaran ban ban basah terlalu lunak. Sebaliknya pakai slick, juga riskan,” kata Valentino Rossi yang bertahan dengan ban basah di sesi Q2.

Rossi minta ramalan cuaca di Argentina bersikap jujur, walah mana ada gitu? Becanda bro! Mungkin salah terjemahan. Maksudnya, Minggu saat race, cuaca di seputaran sirkuit maunya normal. Dengan kondisi kering, M1 cocok dengan karakteristik Argentina. The Doctor boleh sanggup melakukan perlawanan walau start dari posisi 11. Itu janjinya!

Tapi namanya cuaca susah diprediksi, bos. Alam yang mengaturnya. Karena itu, Rossi dan Vinales bersama pasukan masing-masing coba meningkatkan setelan basah. “Selalu kami menderita dalam kondisi hujan. Saat ini sulit selevel dengan lawan kuat di lintasan basah. Semoga Minggu kering,” timpal Vinales sembari melihat ke langit.

Hujan atau basah tetap jadi kendala M1, karena saat FP4 yang lebih basah dari Q2, dua Yamaha di luar 10 besar. Maka dari omongan Rossi dan Vinales ini, keduanya butuh pawang hujan. Pawang yang mampu menggeser awan penyebab hujan dari atas langit sirkuit. Itu adanya hanya di Indonesia, entalah di Argentina?

Tepi tenang, semuanya ditentukan oleh race. MM

BACA JUGA

Hasil MotoGP Argentina 6 – 8 April 2018

Klasemen MotoGP 2018, Moto2, Moto3 2018

Jelang Race MotoGP Argentina 2018: Marquez Risiko Tipe Ban, Pedrosa Basah-Kering

Q2 MotoGP Argentina 2018: Jack Miller Pole, Pedrosa Ke-2, Dua Yamaha?

FP4 MotoGP Argentina 2018: Marquez (Lagi), Kedua Pedrosa, Rossi Ke-10