nhk

Jelang Race MotoGP Assen 2019: Marquez Beda Geber Tangki Penuh Dan Kualifikasi

ManiakMotor – Start dari baris kedua buat Marc Marquez (Repsol Honda Team) sudah merupakan terburuk kualifikasi dari 8 ronde lalu. Dia ke-4 melakukan Q2 di sirkuit Assen, Belanda pada 28 Juni 2019 kemarin. Biasanya dia di barisan depan bro.

Tapi buat Marquez itu nggak masalah. Dia lebih yakin akan kecepatan lomba dimilikinya, “Memang seperti Fabio (Quartararo), Vinales dan Rins sangat cepat. Tapi, kualifikasi tidak sama dengan menggeber motor yang tangki bahan bakarnya penuh saat lomba. Lagi pula  saya tidak siap memecut 100% di Q2,” kata Marquez yang juga lebih fokus pada kestabilan poin dan berusaha di depan para pesaingnya di papan klasemen seperti Alex Rins (Suzuki) dan Andrea Dovizioso (Ducati).

Pasti bedalah, kualifikasi semua setelan motor hanya untuk dapat cepat dalam  lap yang dibidik. Makanya, selain pemetaan elektronik dicekek dalam pembakaran. Tangki bahan bakar pun hanya untuk lap singkat, motornya ringan. Sedang saat lomba, tangki bahan bakar penuh untuk di Assen ini balapannya 26 lap. Belum lagi manajemen ban.

Lantas, pembalap Spanyol yang lima kali juara MotoGP itu juga mengingatkan, bila nggak siap melakukan serangan waktu di Assen, jangan coba-coba, “Jika jatuh di Assen risikonya besar. Kecepatan tikungannya sangat tinggi semua. Lagian balapan berikutnya hanya selang seminggu,” tambah Marquez yang jadi alasannya nggak bernafsu kejar Quartararo dan Vinales di Q2.

Di Q2 Assen si Marquez pernah di belakang Dovizioso, tapi ini katanya tidak disengaja seperti di Mugello. Tapi percuma untuk mengikuti ‘angin’-nya Dovizioso, karena Dovi sendiri agak jauh dari barisan depan saat kualifikasi. Bahkan katanya karakter Ducati dan Honda kesulitan untuk adu cepat cari time di Assen. Kalau soal itu, Yamaha dan Suzuki pas di Assen.

Intinya, Marquez nggak khawatir lantaran kecepatan lombanya bisa mengimbangi Yamaha dan Suzuki. “Jika melihat kualifikasi, saya tertinggal 0,6-0,7 detik di belakang Quartararo dan Vinales. Keduanya melakukan lap menakjubkan di Q2. Tetapi saya lebih dekat untuk kecepatan lomba. Memang mereka unggul sikit, namun itu bisa diatasi,” pungkas Marquez yang bilang Assen adalah sirkuit fisik buat pembalap dan motor. Miolo

BACA JUGA

Hasil MotoGP Assen, Belanda 2019 Moto2 dan Moto3

Klasemen MotoGP 2019, Moto2 dan Moto3

Q2 MotoGP Assen 2019: Tanpa Rossi, Tercepat Qurtararo Ditempel Vinales

FP4 MotoGP 2019: Lagi Mantap, M1 Quartararo Tercepat

Jelang FP3 & Q2 MotoGP Assen 2019: Rossi Singgung Aspal T7 Tempat Lorenzo Jatuh

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353