nhk

Jelang Race MotoGP Australia 2018: Vinales & Rossi Memiliki Kans Pecahkan Telur

ManiakMotor – Jujur saja, kurang bersih hasil kualifikasi (Q2) MotoGP di sirkuit Philip Island, Australia pada Sabtu 27 Oktober 2018. Terutama pada penggunaan ban segar ke-2. Pada 5 menit sebelum Q2 bubar, hujan gerimis yang sangat singkat turun di seputaran sirkuit.

Dan Valentino Rossi terjebak dalam situasi tersebut dengan M1-nya. Sebenarnya di bagian akhir Q2 dia masih punya kesempatan. Saat itu indikator sektor pertama sudah merah artinya lebih kencang dari catatan tercepat. Hujan juga sudah berhenti. Sayang di sektor dua dia bikin kesalahan, ya karena masih licin.

“Sulit, ketika hujan turun walau pun sedikit dan motor pakai ban slick, hukumnya sangat berani. Apalagi di Phillip Island, trek yang sangat cepat. Anda tidak pernah tahu berapa tebal air di lintasan,” papar Rossi yang akhirnya memulai grid ke-7 ketika race Minggu (28/10-2018).

Rossi mengklaim, bila nggak hujan doski bisa di grid lebih baik dari ke-7. Katanya, itu ia bisa lakukan seperti FP3 ke-5 dan FP4 ke-3. “Karena Sabtu motor membaik, ada peningkatan yang banyak. Dengan situasi begini, tetap harus menunggu Minggu, terutama untuk pilihan ban. Harapannya sih, ada matahari dan sirkuit jadi kering,” tambah Rossi.

Beda lagi dengan Maverick Vinales bisa kedua, karena lebih awal mengganti ban segar kedua. Saat keluar, hujan belum turun, makanya bisa kedua. Namun untuk mengambil kecepatan berikutnya hujan mulai gerimis.

“Di semua sektor saya lebih cepat. Sayang di sektor 4 hujan sudah lebih deras. Saya nggak bisa memaksa. Padahal motor sangat menjanjikan. Itu berkat tim yang sudah bekerja keras dan boleh membangun set-up sesuai Phillip Island. Khusus lomba tinggal melakukan yang terbaik,” timpal Vinales yang  0.310 detik lebih lambat dari yang tercepat.

Berarti punya kans memecahkan paceklik tanpa juara sudah sejak Assen tahun lalu? Laksanakan. B53

BACA JUGA

Hasil MotoGP Phillip Island, Australia 2018 Moto2 Dan Moto3

Q2 MotoGP Australia 2018: Marquez Tercepat, Ditempel Ketat Dua Yamaha