nhk

Jelang Race MotoGP Austria 2017: Investigasi Michelin Pada Ban Rossi, Ada Yang Aneh

46 Rossi Austria 2017-2a

ManiakMotor – Usai kualifikasi kemarin, garasi Valentino Rossi kedatangan teknisi Michelin. Ada investigasi pada ban yang dipakai The Doctor.

Awalnya Rossi dan mekaniknya merasa aneh dengan ban pabrikan Prancis itu. Sesi latihan 3 dan 4 ia lakoni dengan mantap. Grip ban mantap dengan senyawa aspal Spielberg, Austria. Makanya bisa langsung sodok tiket ke Q2 dari hasil FP3. Padahal dari dua sesi sebelumnya terancam lewat Q1.

Kesempatan pertama di Q2 juga oke dengan ban lembut, langsung di urutan 4. Ia pun optimis bisa fight ambil posisi front row atau setidaknya 5 besar. “Sesuatu terjadi saat pakai ban kedua. Performanya beda dengan sebelumnya. Kurang grip dan banyak spin. Saya push sekeras mungkin tapi tak bisa berkembang,” keluh Rossi.

‘Keganjilan’ itulah yang kemudian Michelin bersama mekanik The Doctor melakukan pemeriksaan menyeluruh. “Semuanya normal. Kami tak temukan yang aneh-aneh,” kata petinggi Michelin Nicolas Goubert usai penyelidikan. Wah jangan-jangan ada black magic.

Start ke-7 membuat Rossi harus kerja ulang untuk tentukan kompon ban paling strategis pada race Minggu 13 Agustus 2017  ini. Harapannya bersaing dengan Ducati dan Honda sangat ditentukan karet hutam bundar itu. Sesi warm up digunakan full untuk urusan itu dan berharap tak ada keanehan lagi.

“Ban akan sangat krusial, sangat penting. Kami tak boleh salah pilih. Kita lihat bagaimana cuaca dan suhu lintasan, setelah itu akan lihat hasilnya. Sangat tak mudah karena Honda sekarang jauh lebih kuat dari pada tahun lalu di Spielberg,” sebut Rossi yang mengaku sudah mendingan dari flu.

Tertinggal 23 poin di klasemen, Rossi dituntut finish tak boleh terlalu jauh dari Marquez agar jalur kejuaraan dunia masih dalam genggaman. Apakah ia akan langsung menyerang selepas start atau tunggu sampai paruh lomba, itu sangat tergantung ban pilihannya dan juga tergantung ban pilihan lawan-lawannya. Menarik menunggu apakah masih lengket dengan cap ‘pembalap spesialis Minggu’? Bone

BACA JUGA

Hasil MotoGP Austria 2017, Moto2, Moto3

Klasemen MotoGP 2017, Moto2, Moto3 2017

BAGIKAN