nhk

Jelang Race MotoGP Austria 2018: Marquez Dikepung Tiga Ducati, Modal RC213V Big-Bang

ManiakMotor – Tahun lalu Honda mengganti mesin screamer menjadi big bang. Tujuannya untuk mengejar top speed Ducati. Big bang dengan firing pengapian bersamaan dua silinder dan berdekatan dua silinder lainnya itu, dianggap punya top speed lebih baik. Riset berlangsung  di beberapa event MotoGP 2017-2018, RC213V Big Bang milik Marquez mulai melayani kecepatan puncak Ducati.

Kian nyata lagi di sirkuit cepat Red Bull Ring, Austria yang sejak sesi latihan sampai kualifikasi, RC213V Marquez satu-satunya yang sanggup menantang Ducati. Padahal, Red Bull Ring ini di atas kertas adalah milik Ducati, lantaran tipikal sirkuitnya banyak dilalui  dengan kecepatan tinggi.

Saat kualifikasi, malahan RC213V Big Bang milik Marquez yang memiliki top speed paling tinggi 312 km/jam. Lalu, ditempel Ducati Andrea Dovizioso dengan 310 km/jam. Untuk rata-ratanya, Marquez bersaing dengan Ducati Jorge Lorenzo yang 186.3 km/jam dan Marquez  186,7 km/jam, “Saya sangat percaya diri dengan setelan motor. Mudah dibuka gasnya keluar tikungan agar top speed seimbang dengan lawan,” papar Marquez menceritakan setelan motornya.

Persoalannya ada pada diri Marquez sendiri. Apakah Marquez melakukan perlawanan kecepatan pada latihan dan kualifikasi sudah di atas limit mulu atau memaksakan? Cara memaksakan agak sulit dilakukan saat race yang jumlah lapnya banyak. Beda dengan sesi latihan dan kualifikasi hanya mencari time tercepat. Lomba adalah konsistensi.

Kalau dilihat, terutama dua pembalap Ducati pabrik, main ‘santai’ saja, mereka bisa dapat catatan waktu yang baik. Itu berguna buat mereka saat balapan. Kalau Marquez dengan cara paksa pasti butuh fisik dan riskan bikin kesalahan, “Pokoknya akan coba bertempur di tanah Ducati. Saya punya cara sendiri,” kata Marquez yang tentu saja mengandalkan big-bang-nya.

Cara itu jauh lebih tangguh dari big bang. MM

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2018, Moto2, Moto3 2018

Hasil MotoGP Austria 10 – 12 Agustus 2018 Moto2 dan Moto3

Jelang Race MotoGP Austria 2018: Tiga Ducati Siap ‘Kroyok’ Marquez

Jelang Race MotoGP Austria 2018: Rossi Semprot Yamaha, Jangan Sekadar Maaf Doang!!!

 

BAGIKAN