nhk

Jelang Race MotoGP Brno 2018: Dovizioso Santai Bisa Pole, Apalagi Balapan

ManiakMotor – Tipe Andrea Dovizioso bukan pengejar time. Maksudnya tidak memaksakan keadaan. Sebab catatan waktu di kualifikasi jarang bisa terpakai saat lomba. Kalau motornya cepat dan pole position pada kualifikasi, artinya itu motor sudah sangat oke, karena berhasil tercepat tanpa dipaksakan.

Seperti itu kualifikasi Dovizioso di sirkuit Brno, Ceko kemarin dan membuatnya start terdepan saat lomba Minggu 4 Agustus 2018. Dia melakukan kualifikasi dengan bijaksana, “Gaya saya tidak terlalu fokus pada catatan waktu merebut pole. Justru bangga dengan waktu yang diperoleh, ternyata bisa pole,” papar Dovizioso yang saat kualifikasi menggunakan winglet baru.

Pole itu disyukuri si Dovi, karena saat start yang di samping kiri-kanan dan di depannya lebih sedikit. Dia bisa atur strategi lebih mudah ketimbang start dari baris di belakang front row. Keuntungan untuk segera cabut dari gerombolan. Syukur-syukur mampu memisahkan diri dari lawan-lawan.

Dovi tinggal fokus pada balapan yang katanya akan menggunakan wing-let terbaru pada motornya. Kendati doski belum bisa membedakan keuntungan menggunakan aerodimika terbaru tersebut, “Sangat sulit dibedakan keuntungannya, karena saat bersamaan banyak yang disetel,” tambah Dovi.

Semoga sukses deh Dov, agar balapan makin seru. Apalagi Ducati lain macam punya teman setim, Jorge Lorenzo sebenarnya tak kalah laju, “Kualifikasi itu, hanya kesalahan sikit saja bikin kalah di catatan waktu. Tapi untuk lomba saya lebih siap,” timpal Lorenzo yang mengaku mendapatkan setelah motor lebih prima pada Sabtu. MM

BAGIKAN