nhk

Jelang Race MotoGP Brno 2018: M1 Rossi Pakai Ban Baru Mantap, Tapi…?

ManiakMotor – Keseimbangan M1 ditemukan, maka tercepat FP3. Itu sama dengan merajai latihan bebas. Prestasi yang belum pernah didapat Valentino Rossi dari 11 balapan lalu. Itu dilakukan Rossi di sirkuit Brno, Ceko pada Sabtu 4 Agustus 2018. Kecepatannya dilanjutkan sampai kualifikasi yang hanya kalah dari Andrea Dovizioso (Ducati).

Konstan kencang di Brno, Rossi sudah punya modal untuk dibawa ke balapan Minggu 5 Agustus 2018. Motornya tidak kalah soal akseleraasi. Ada perbaikan setelah libur musim panas? “Kami pada hari kedua terfokus menyetel keseimbangan motor. Saya tahu, sangat kuat pakai ban segar,” cerita Rossi yang di detik terakhir kualifikasi sudah tercepat  dengan 1’54.956 menggeser Marc Marquez, namun ternyata Andrea Dovizioso di detik lebih terakhir menggesernya.

Balans atau keseimbangan yang disetel tentu saja dari rangka yang di M1 ngetop dengan penyetelan steering geometry. Dipadukan dengan suspensi depan yang bisa diatur dari pegas dan suling-suling sirkulasi oli sokbreker, nah itu tugas para insinyur Ohlins. Sekalian winglet pada aerodinamikanya. Dan masih banyak lagi deh.

Rossi mengingatkan dengan ban baru dia memang kencang, apalagi yang lembut. Untuk kecepatan lomba dia masih terus mencari kombinasi set-up yang tepat. Pelacakan ini berlanjut pada Sabtu malam dan akan diuji kembali pada Minggu pagi di saat sesi warm-up.

Alasannya, suhu di Brno sangat cepat naiknya bahkan bisa mencapai 50ºC. Di saat sama degradasi ban sangat tinggi, “Di Brno ini, ban lunak yang paling bagus. Tapi apakah berani menggunakannya pada keausan ban yang sangat cepat pada saat suhu meningkat?  Makanya lihat kondisi Minggu dengan membandingkan data,” pungkas Rossi yang tahun lalu di Brno juga kedua saat kualifikasi, namun hasil balapan keempat. Miolo

BACA JUGA

Jelang Race MotoGP Brno 2018: Dovizioso Santai Bisa Pole, Apalagi Balapan

Klasemen MotoGP 2018, Moto2, Moto3 2018

Hasil Lengkap MotoGP Brno 2018, Moto2 Dan Moto3

Q2 MotoGP Brno 2018: Dovizioso Pole Position, Kedua Velentino Rossi

FP4 MotoGP Brno 2018: Marquez Yang Tercepat, Dua Suzuki Menyusul..!

FP3 MotoGP Brno 2018: Ilmu Rossi Tercepat, Kedua Petrucci, Tiga Lorenzo

BAGIKAN