nhk

Jelang Race MotoGP Catalunya 2017: Rossi, Ban Kurang Grip Seperti Jerez, Ada Solusi Lomba..!

 

ManiakMotor – Grip yang kurang menjadi tema Valentino Rossi. Doski gagal masuk Q2 dan berlabuh di grid 13 saat start nanti di sirkuit Catalunya, Spanyol pada Ahad 11 Juni 2017, karena pegangan kompon terhadap aspal yang minim, apalagi saat panas.

Rossi telah berjuang dengan aneka setelan motor, agar ban dapat senyawa dengan lintasan. Yang ada, roda belakang geser mulu. Roda depan setengah mati diarahkan dengan cepat alias ndak reaktif. “Sudah ada gagasan bagus untuk mengatasai masalah ini yang akan diuji di warm-up,” sebut Rossi yang malah menjawab solusi ketimbang mengeluh.

Keluhannya sih memang ada. Itu tadi, sulit mendapatkan ban bisa menyatu dengan aspal.  Dia nggak leluasa menyalurkan tenaga pada rodanya. Maksudnya power M1 menjadi mubazir, lantaran pergelangan tangan yang pegang selongsong gas harus kira-kira dipelintir. “Memang karena situasinya seperti di Jerez. Terutama dalam kondisi panas, semakin payah kompon bannya,” tambah Rossi yang di Q1 hanya ketiga.

Dilihat, nyaris semua pembalap yang geber M1 kurang berkembang. Bayangkan saja, empat joki M1 dari akumulasi sesi latihan bebas, semuanya di luar 10 besar. Keempatnya kudu lewat Q1 dan yang lolos ke-Q2 hanya Jonas Folger (Tech3) dan Maverick Vinales. Itu pun saat Q2, keduanya ke-8 dan ke-9.

Jadi, omongan Rossi memang nggak cari-cari alasan soal kompon ban yang sulit disetel sesuai karakter M1 dan aspalk. Walau begitu dia janji pada penggemarnya sudah punya solusi untuk set-up dapat grip. “Harus kompetitif. Tapi yakin, di Catalunya ini menjadi balapan keras buat semuanya untuk mengatasi ban sampai finish,” tutup Rossi yang artinya walau ada yang tercepat saat kualifikasi belum tentu mampu berjuang terhadap bannya.

Maksudnya dia juga masih berpeluang, gitu loh. Miolo

BACA JUGA

Hasil MotoGP Catalunya Spanyol 9, 10, 11 Juni 2017 Moto3 Dan Moto2

BAGIKAN