nhk

Jelang Race MotoGP Catalunya 2017: Rossi Pusing Soal Ban, Doanya Udara Tidak Menyengat

ManiakMotor – Sirkuit Catalunya bakal jadi “bad memory” bagi Valentino Rossi dalam perjalanan karirnya. Sebagai legenda dengan tujuh kali juara dunia di kelas puncak, mungkin ini baru kali pertama ia tidak lolos dari Q2, dengan sistem kualifikasi terbagi dua. Ada apa sama The Doctor?

Inti persoalan yang dihadapi Rossi – juga rekannya Vinales dan tim lain – ban. Seperti dibilang Marquez, Michelin membawa 3 ban depan baru bikin bingung pembalap, memang benar adanya. Rossi pun bukan bingung lagi, tapi sampai ‘pusing’ alias frustasi.

Rossi dan Yamaha tidak punya data dengan permukaan aspal baru. Karena, ketika disediakan tes pribadi, akhir Mei, mereka tidak manfaatkan. Boleh jadi, itu eforia dari kemenangan di Argentina dan Le Mans membuat Yamaha yakin akan kondisi M1.

Langkah itu, benar. Seperti dibilang Vinales, M1 sangat baik. Namun data soal ban dengan permukaan trek yang baru, Yamaha omompong. Sejak FP1 sampai FP4, Rossi masih berkutat sama ban dan ia sampai menjajal lima kombinasi (M/M,M/S, H/H, H/S dan H/M), terutama fokus pada bagian belakang.

Sampai sebanyak itu, menurut Rossi, daya cengkeram ban sangat kurang di aspal baru yang licin. “Terkesan kita seperti tidak mampu membuat ban bekerja dengan cara yang benar. Ada yang tahan lama (jumlah lap), tapi daya cengkeram kecil. Ada daya cengkeram bagus, namun lima lap sudah haus karena suhu yang tinggi, sedang balapan 25 lap,” keluh Vale.

Makanya, seluruh sesi latihan ia banyak mengandalkan ban medium untuk depan. Tinggal belakang, ketika pakai yang keras (H) waktu tercepat di 1:46. Ketika dipasang lembut (S) lebih baik 1:45 namun hanya kuat 10 lap. Pernah ia menjajal ban keras depan dan belakang di FP4, motor goyang ketika akan masuk tikungan.

Dilema buat Rossi balapan putaran ketujuh, hari ini (11/6). Ia hanya berharap suhu di trek tidak sampai 50 derajat celcius, sehingga ia akan nyaman dengan pilihan ban medium depan belakang. Atau Medium (depan) dan soft. “Pokoknya masih ada solusi untuk lomba yang nanti diuji saat warm up,” tutup Rossi. Rezki

BACA JUGA

Hasil MotoGP Catalunya Spanyol 9, 10, 11 Juni 2017 Moto3 Dan Moto2

Klasemen MotoGP 2017, Moto2, Moto3 2017

BAGIKAN