nhk

Jelang Race MotoGP Catalunya 2018: Rossi Lagi Ngomel Soal Lintasan…

ManiakMotor – Lintasan Catalunya, Spanyol yang tempat ronde 7 MotoGP 2018, antara pagi dan siang beda gripnya. Aspalnya baru, lebih baik dari tahun lalu. Tapi sulit diprediksi terhadap ban. Apalagi saat siang memanas, kompon di aspal makin aneh dengan campuran karet Dunlop dari Moto2.

Itu yang bicara Valentino Rossi. Dia menganggap nggak ada tipe ban yang tepat buat M1-nya saat menjalani FP3, FP4 dan diakhir Q2 pada Sabtu 16 Juni 2018. Rossi pun terdampar ke-7 saat kualifikasi, “Bagi saya, seperti di Mugello, balapan Minggu akan aneh, sulit ditebak. Kami tidak menemukan kombinasi ban yang pas,” kata Rossi yang tumben cerewet.

Bagi The Doctor ban dari Michelin tidak yang tepat dengan kondisi macam itu. Jika diberi soft, terlalu lunak. Bannya mudah over heat dan membuat ban banyak ngelipat. Diganti dengan medium, gripnya malah jauh dari harapan Rossi. “Jadi balaban nanti, akan tergantung dari pilihan ban dan itu sulit,” omel Rossi pada Crash yang berarti M1 Rossi belum ketemu ban yang pas untuk lomba.

Rossi makin kesal ketika panas mencapai 50ºC ke atas. Kompon peninggalan Moto2  memuai dari aspal. Katanya itu makin menyulitkan ban Michelinnya bersenyawa. Pastilah dua aditive dari kompon berbeda sulit menyatu, walau dua-duanya karet. Ya sudah makin licin dan bermasalah buat VR46. Rossi ora iso mengumbar power mesinnya disalurkan ke roda.

Memang ketika dari FP4 sampai Q2 panas lintasan Catalunya bermain 48ºC ke atas. “Tapi kalau pagi trek ini sangat enak. Siangnya segera berubah cepat. Tapi, ini baru Sabtu. Semoga Minggu bisa berubah,” pungkas Rossi sembari menunjuk dua Ducati – terutama Jorge Lorenzo – diakuinya menemukan setelan yang presisi. Dia juga mengagumi Marc Marquez yang susah payah menyetel motor dan berhasil kencang saat Q2.

Ok Rossi, semoga ada keajaiban pada Minggu. Raider

BACA JUGA

Hasil MotoGP Catalunya 15 – 17 Juni 2018 Moto2 Dan Moto3

Q2 MotoGP Catalunya 2018: Lorenzo Pole Position, Marquez Kedua, Dovi Ke-3

FP4 MotoGP Catalunya 2018: Iannone Tercepat, Lorenzo Ke-2, Yuk Intip Setelan Mereka