nhk

Jelang Race MotoGP Catalunya 2019: Marquez Strategi Berbeda, Lorenzo Jauh Membaik

ManiakMotor – Juara bertahan dan kandidat juara sedang memimpin klasemen, sosok Marc Márquez tetap dihitung di sirkuit Catalunya, Spanyol pada race 16 Juni 2019. Walau masuk ke kualifikasi atau Q2 hanya ke-9 dari hasil FP3. Tapi saat Q2 dia berhasil tercepat kedua di bawah Fabio Quartararo.

Marquez dalam tiga tahun terakhir di negaranya, hanya saat race hanya finish kedua. Dia baru juara sekali pada 2014, “Tahun ini bekerja dengan cara yang berbeda. Tetap berusaha  konsisten dan setiap sesi masih dalam jarak catatan waktu untuk balapan. Pada kualifikasi, kami menunjukkan semua potensi. Siap untuk berjuang podium,” papar Marquez.

Seperti biasa dalam keadaan motornya kurang pas dengan sirkuit, target Marquez hanya di depan para pesangnya di klasemen. Maksudnya dia lebih mengamankan kejuaraan ketimbang juara seri. Misalnya harus di depan Andrea Dovizioso (Ducati) yang menempelnya di klasemen, lalu ada Alex Rins (Suzuki) atau Valentino Rossi (Yamaha).

Tapi yang disebut Marquez ini semuanya tampil mantap di sesi-sesi sebelumnya di Catalunya kali ini.  “Sepertinya banyak pembalap sangat berdekatan. Ada tiga atau empat pembalap yang seimbang di Catalunya ini. Pada akhirnya, kita akan melihat hasilnya, tetapi tujuannya finish di depan lawan di kejuaraan. Ada beberapa Yamaha lebih cepat. Harus selamat dari serbuan mereka,” kata Márquez.

Sementara Jorge Lorenzo yang menggunakan beberapa ergonomik terbaru merasa lebih mendingan. “Kami telah bekerja dan membuat saya lebih baik dengan motor. Desain tangki bahan bakar yang baru memberi saya lebih banyak kenyamanan. Sekarang dapat mengendarai lebih agresif. Juga kecepatan bertambah, walau belum banyak dan lebih konsistens. Ke depan ini harus ditingkatkan,” sebut Lorenzo sambil mensyukuri perubahan tersebut.

Lorenzo masuk ke-Q2 dan akan start dari grid 10. Dia akan coba finish di 10 besar, prestasi yang belum pernah dia capai dari enam seri berlalu. Miolo

BACA JUGA

Hasil MotoGP Catalunya 2019 Moto2 dan Moto3

Klasemen MotoGP 2019, Moto2 dan Moto3

Jelang Race MotoGP Catalunya 2019: Bila Quartararo Juara Patahkah Rekor Marquez Termuda

Q2 MotoGP Catalunya 2019: Quatararo Pole Position, Marquez Kedua, Empat M1 Lima Besar