nhk

Jelang Race MotoGP Catalunya 2019: Rossi Jadi Ke-4, Tahu Diuntit Marquez, Vinales Dihukum 3 Grid

ManiakMotor – Tadinya Valentino Rossi di Q2 ke-5. Dia paling akhir dari empat M1 yang masuk lima besar di Q2. Namun, saat balapan ronde 7 MotoGP pada Minggu 16 Juni 2019 di sirkuit Catalunya, Spanyol, dia akan start dari grid ke-4. Sebab posisi grid Maverick Vinales yang tadinya ketiga dikoreksi panitia jadi ke-6.

Bagi pasukan Yamaha tentu hasil sesi-sesi sebelumnya sampai Q2 sangat bertolak belakang dengan situasi di Mugello, Italia. Hanya dalam dua minggu M1 membaik? “Dari sesi latihan sampai kualifikasi, kami bisa melanjutkan kecepatan dengan baik. Yamaha kompetitif di Catalunya, karena ada empat M1 di lima besar. Itu berita bagus buat Yamaha,” sebut Rossi.

Sayang Rossi belum cerita rahasianya kenapa M1 bisa berubah sangat cepat dari Mugello ke Catalunya. Padahal, tipe sirkuit Catalunya juga termasuk cepat dan punya trek lurus yang jadi kelemahan M1. Ditambah pula kelamahan lain soal grip yang kurang. Temasuk di dalamnya saat Q2 kemarin lintasan sangat panas 49ºC yang menjadi musuh M1 terhadap senyawa ban dengan aspal.

Soal panas ini pun disinggung Rossi, tapi mereka masih punya kecepatan dan masuk keempat M1 di lima besar, “Di sore hari (Q2) suhu sangat tinggi. Kami agak menderita sedikit lebih banyak. Tapi bukan kami saja yang merasakan, semua pembalap punya persoalan sama. Kami berhasil pada kombinasi ban depan dan belakang. Termasuk juga saat race, pilihan ban akan menjadi kunci kesuksesan,” tambah The Doctor yang hanya membocorkan soal ban sehingga M1 sangat berbeda saat tampil di Mugello.

Rossi juga bercerita soal Marc Marquez bisa kedua di Q2 setelah mengikuti dirinya. Dia menampik, bukan karena itu, Marquez bisa kedua, “Tapi Marquez seorang pembalap yang pintar. Dia mengikuti setiap lawannya untuk memantau cara mereka memperlakukan motornya pada kondisi Catalunya,” jawab Rossi yang malah memuji dan bukan menyudutkan.

Sementara, posisi Vinales yang mestinya start dari grid 3 dari hasil ke-3 kualifikasi atau Q2 harus rela start dari grid 6 atau baris kedua. Dia dihukum tiga posisi karena sesi Q2 belum berakhir  atau yang lain masih flying lap alias paling ujung sesi dia sudah melambat usai melintas di garis finish. Dia nyaris dihantam motor Fabio Quartararo yang lagi kencang bangat di trek lurus. Ada video-nya nih. 

“Saya nggak bisa berkata apa-apa. Kualifikasi ditandai dengan bendera finish. Lalu saya melambat dan dadada sembari melambaikan tangan kepada penonton. Tapi saya tidak menyangka akan ada pengemudi dengan kecepatan penuh melintas,” kata Viñales yang menceritakan insiden itu sesuai sudut pandangnya.

Maksud Vinales, lain kali antara pemegang bendera kotak-kotak harus sama dengan yang pegang elektronik transponder. Karena menurut Vinales petugas bendera sudah menngibarkan finish. Sudah tak mungkin masih ada pembalap berstatus flying lap di belakangnya. Benar juga ya. Miolo

BACA JUGA

Hasil MotoGP Catalunya 2019 Moto2 dan Moto3

Klasemen MotoGP 2019, Moto2 dan Moto3

Jelang Race MotoGP Catalunya 2019: Marquez Strategi Berbeda, Lorenzo Jauh Membaik

Jelang Race MotoGP Catalunya 2019: Bila Quartararo Juara Patahkah Rekor Marquez Termuda

Q2 MotoGP Catalunya 2019: Quatararo Pole Position, Marquez Kedua, Empat M1 Lima Besar

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353