nhk

Jelang Race MotoGP Italia 2017: Rossi Tercepat FP3, Kombinasi Empat Pasang Ban, Siap Tarung

Rossi, Q1 Mugello, Motogp
Rossi dengan corak helm baru peringati Nicky Hayden dan Francesco Totti

ManiakMotor – Keajaiban Mugello telah merasuki jiwa Valentino Rossi. Bayangkan, sampai Selasa dirinya masih belum yakin bisa balap. Bahkan satu hari jelang konferensi pers, ia bilang akan tampil normal dan saat latihan resmi pertama (FP1) dada terasa sakit dan sesak napas. Dan dari akumulasi waktu latihan, ia berada di urutan ke-14.

Di luar dugaan, The Doctor yang tampil oke dengan helm khusus bertuliskan 469 (untuk menghormati Nicky Hayden yang tewas) dan corak khusus untuk pesepakbola Francesco Totti baru pensiun. Kontan langsung memberi kepastian dan sepasti-pastinya siap tarung maksimal kepada pendukungnya. Ia melejit dan menjadi yang tercepat pada FP3, sabtu (3/6) dengan waktu 1:46.543. Satu-satunya yang mengukir 1:46. Dan itu yang menjadi tercepat di Mugello tahun ini.

Asumsi pun bermunculan. Jangan-jangan, pembalap Yamaha ini tidak sakit dan ungkapan sakit sebagai taktik mengelabui lawan. Bukti kuat, saat FP4 ia terlempar dari motor dan beruntung kendaraan tidak rusak. Hanya, ia memberi keyakinan kepada tim dirinya tidak ada masalah. “Saya hanya kehilangan sedikit naluri dan itu hilang begitu dapat start kedua,” ujar Vale alias sakit sudah tak terasa begitu penampilan meyakinkan.

Menarik di sini, terutama FP3. Rossi sampai tiga kali menjajal ban dan dapat dapat menajamkan waktunya. Di awali dengan kombinasi lunak depan dan medium belakang (S/M) dan mencatat 1:47.673. kemudian ganti dengan S/H bisa lebih cepat 0.135 detik.

Terakhir dengan formasi S/S tercatat tiga kali dapat memperbaiki waktunya. Dimulai dengan 1:47.381, lap berikut jadi 47.196 dan pada menit terakhir 1:46.543. Saat kualifikasi kombinasi lain lagi, yakni depan keras dan belakang lembut (S/H) dan tercepat kedua. Belum tahu, kombinasai mana yang akan dipakai saat balap.

Soal jatuhnya di FP4 diakui sebagai kesalahannya. Dia bilang beruntung pakai motor kedua, sehingga balapan dapat menunggang motor utama. “Saya pikir balapan akan sangat ketat di segala tikungan. Masalah, ada enam motor yang punya kecepatan sama. Jadi, lepas start sangat menentukan,” tegas Rossi yang merasa beruntung karena punya penggemar dan Italia sangat spesial. Rezki

BACA JUGA

Hasil MotoGP Mugello Italia 2, 3, 4 Juni 2017 Moto3 Dan Moto2

Klasemen MotoGP 2017, Moto2, Moto3 2017

BAGIKAN