nhk

Jelang Race MotoGP Jepang 2019: Marquez Pole, Walau Torsi Mesin RC213V Belum Pas..!

ManiakMotor – Pole position yang diraih Marc Marquez barusan pada Sabtu 19 Oktober 2019 di sirkuit Motegi, Jepang adalah pertama kali di sirkuit tersebut. Marquez mendapat pole tersebut dalam kondisi lintasan yang habis disiram hujan sejak pagi. Tepat Q2 berhasil mengering, namun masih ada beberapa area yang nggak kering-kering amat.

Si Marquez juga bilang jujur dia senang dengan pole pertamanya di sini di Motegi. Itu total ke-90 dia pole, “Tapi saya juga harus jujur, bahwa besok akan menjadi balapan yang sulit buat saya. Motor tidak dalam kondisi terbaik. Pokoknya, siap berjuang untuk kemenangan dan coba segala kemampuan yang ada,” kata Marquez yang mencetak 1’45.763 telah membuatnya pole atau masih lebih lambat dari catatan Fabio Quartararo (Petronas Yamaha) pada FP2 yang 1’44.764.

Karena memang kondisi sirkuit saat Q2 belum benar-benar kering. Makanya kata Marquez dalam kondisi normal dia harus berjuang di beberapa tempat. Misalnya untuk pengereman di sektor terakhir, dia dan tim masih terus melacak terapi yang tepat diterapkan pada pengereman dia area tersebut.

Marquez juga merasa power motornya belum terlalu padu pada layout Motegi. Dia berusaha  keras untuk selalu mengepaskan tenaga motornya. Maka dia kerepotan melayani para pembalap Yamaha yang menurutnya tenaga motor mereka sangat pas di Motegi. Tenaga yang keluar persis yang dibutuhkan sirkuit.

“Saya tidak dapat menggunakan semua torsi dari mesin. Ini sebenarnya keunggulan tambahan. Sehingga perlu menemukan gaya naik berbeda untuk menanggulanginya. Besok Minggu saat warm-up akan coba mengubah beberapa hal. Bila ini membaik target adalah podium. Bila peluang terbuka, ya menang!” seru Marquez yang telah memastikan juara dunianya sejak di GP Thailand.

Pembalap berusia 26 tahun itu juga mengharapkan pilihan ban menjadi penting untuk balapan. Itu untuk menemukan pengaturan yang seimbang antara kecepatan dan konsistensi selama balapan 24-lap penuh.

Marquez juga tetap antisipasi cuaca yang bisa berubah secara dramatis seperti pada Sabtu ini, “Sangat penting tetapi lebih penting untuk memahami suhu dan kelembaban,” tutup Marquez yang berambisi mengantar Honda jadi triple crown, juara pembalapnya, konstruktor dan tim. MM

BACA JUGA
Hasil MotoGP Jepang 18 – 19 Oktober 2019 Moto2 Dan Moto3

Q2 MotoGP Jepang 2019: Sejarah Marquez Pole Di Motegi, Morbidelli Kedua, Ketiga Quartararo

FP4 MotoGP Jepang 2019: Marquez Tercepat, Ditempel 3 Yamaha M1

FP3 MotoGP Jepang 2019: Petrucci Tercepat, Marquez Menempelnya

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353