nhk

Jelang Race MotoGP Jerez 2017: Ini Gangguan Vinales, Semua Yamaha Sama, Rossi?

Vinales, MotoGP, Jerez QP

ManiakMotor –  Luar biasa, Honda menyapu bersih posisi terdepan dengan Pedrosa pole ditemani di samping Marquez dan Crutchlow. Di belakang Pedrosa membayang Maverick Vinales (keempat) dan di belakangnya ada Rossi (ketujuh). Ada apa dengan Yamaha, khususnya Vinales yang janji bikin hasil lain di kualifikasi, kemarin (6/5).

Dengan komposisi seperti ini agak repot buat Vinales bisa melejit di antara pembalap Honda ke luar tikungan pertama untuk berharap holeshot. Dari pengalaman 3 balapan awal, justru M1 kalah cepat. Justru Rossi sedikit berpeluang, tapi ada Zarco yang bisa memisahkan ketiga pembalap Honda itu.

Ah, itu prediksi bisa benar bisa tidak. Jadi pertanyaan, kenapa Vinales? Andalan Yamaha ini mengeluhkan banyak kehilangan waktu saat menikung ke kiri. Daya cengkeram roda belakang kurang gigit setiap ke luar tikungan. Celakanya, sirkuit Andalucia berjarak 4,425 km dengan 13 tikungan, ke kirinya lebih banyak (8) dan punya beberapa dengan kecepatan tinggi.

“Sisi kanan benar-benar bagus, juga ritmenya di saat kualifikasi. Terutama di sektor dua dan empat,” puji pembalap 22 tahun. Namun ke kiri, lanjutnya, sedikit lebih keras dan banyak berjuang. Trus, spin lebih banyak, terutama mulai merebahkan motor. “Spinnya gak pernah berhenti,” keluhnya.

Ternyata, kondisi seperti ini dibilang pemenang tiga seri awal ini juga dialami semua Yamaha. Sehingga, dirinya harus kerja keras untuk pengaturan pemanasan. “Saya coba menguntit Dani, ia di tikungan kiri sungguh enak. Saat ke kanan saya coba menutup celah. Ini jelas sungguh aneh,” pungkas Vinales. Rezki

BACA JUGA

Hasil MotoGP Jerez, Spanyol 5, 6, 7 Mei 2017 Moto3 Dan Moto2

BAGIKAN