nhk

Jelang Race MotoGP Jerman 2019: Sasis Adonan Karbon Marquez Lebih Cepat

Sasis karbon yang ada garis panah

ManiakMotor – Bicara sasis adalah mencari rigid atau kekakuan fleksibelnya. Dia harus serasi dengan mesin, suspensi dan gaya pembalapnya, itu kalau cerita diadu di sirkuit. Sasis yang mantap manuvernya dan mudah mentransfer tenaga mesin ke roda.

HRC yang membidangi RC213V tunggangan Marc Marquez dari Repsol Honda Team membawa sasis baru gabungan serat karbon ke Sachsenring, Jerman 5 – 7 Juli 2019. “Sasis baru ini sudah saya coba. Hasilnya memang cepat. Tapi belum yakin digunakan untuk balapan,” papar Marquez usai pole position di Q2 yang berlangsung Jumat (6/7).

Alasan Marquez menolak sasis yang masih ditempeli bongkahan-bongkahan karbon tersebut, dia belum melakukan simulasi balapan. Ndak tahu bila digunakan dengan lap yang banyak menghasilkan apa? “Hal itu masih perlu dipahami. Kami tidak mau ambil risiko dengan balapan 30 lap di Sachsenring,” tambah Marquez yang saat Q2 pecahkan rekor dua kali dari rekor asli atas namanya 1’20.270 tahun lalu pada penggunaan ban segar pertama dia bikin 1:20.215 dan penggunaan ban segar kerua jadi 1:20.195. Tidak dijelaskan apakah rekor tersebut pakai sasis baru atau lama.

Yang jelas menurut Marquez, bila pakai sasis lama sudah teruji digunakan pada balapan dengan lap yang panjang. Aman terhadap degradasi ban. Dia pun sudah tahu trik membawa sasis lama saat tangki bahan bakar mulai menyusut dan grip ban mulai berkurang. Sedang yang baru belum sampai ke sana pemahamannya.

Di Sachsenring ini Marquez telah melakukan 10 pole dari semua kelas berturut-turut. Tinggal ia tuntaskan saat balapan kalau juara juga 10 kali berturut. Marquez sebenarnya melawan dirinya sendiri di sirkuit yang pendek dan sempit digunakan dalam kalender MotoGP tersebut. Melawan diri soal rekor jangan sampai seperti di Amerika. Miolo

BACA JUGA

Hasil MotoGP Sachsenring, Jerman 5 – 7 Juli 2019 Moto2 dan Moto3

Klasemen MotoGP 2019, Moto2 dan Moto3

Q2 MotoGP Sachsenring 2019: Marquez Rekor Baru Catatan Waktu, Ditempel Dua M1

FP4 MotoGP Sachsenring 2019: Vinales Patahkan Kecepatan Marquez, Lengan Quartararo Sakit

FP3 MotoGP Sachsenring 2019: Duel Marquez Vs Quartararo, Rossi Kecebur Q1

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353