nhk

Jelang Race MotoGP Motegi 2017: Ini Sesungguhnya Bikin Rossi Jeblok Ke-12, Berdoa Hujan

Rossi, FP4 jatuh, MotoGP

ManiakMotor – Ada apa sama Yamaha? Lebih khusus lagi Valentino Rossi yang harus start dari urutan ke-12 di ronde ke-15, siang ini (15/10). Padahal, saat FP3 memberi harapan dan senyum buat Yamaha dengan tercepat kedua. Apakah ini dampak dari highside di tikungan 8?

Bisa ya, bisa tidak! Karena tidak ada pernyataan resmi dari The Doctor. Dia hanya bilang dirinya beruntung bisa menghindari cedera kaki lebih parah. Itu dikarenakan posisi jatuhnya di belokan kekiri pada FP4, makanya dengan sigap ia cepat berdiri.

“Saya beruntung karena itu adalah highside, untungnya motor diputar di bawah dan saya tetap di motor setelah kecelakaan,” kenangnya. Sekarang ini, Vale mengaku merasa lebih sakit kakinya, tapi tidak terlalu sering nyerinya.

Jangan-jangan, rasa sakit itu bikin dirinya jeblok di Q2. Kembali lagi, bisa ya, bisa tidak. Tidak ada pengakuan dari sang legenda itu. Ternyata, pemicu lainnya adalah ia tampil di Q2 pakai motor kedua.

Padahal, motor pertamanya saat kecelakaan merupakan setelan terbaik. “Itu adalah motor balap saya denganm setting terbaik. Jadi, penting untuk lolos kualifikasi. Sayang, ada banyak kerusakan, sehingga harus pakai motor cadangan,” bebernya malam usai kualifikasi di paddock Yamaha.

Saat balapan, Rossi sangat berharap trek dalam keadaan basah. Loh, sebelumnya dia minta-minta kering. Ya, itu lantaran hasil setelan dari Jumat sampai Sabtu. Bukan soal elektronik, melainkan keseimbangan dan modifikasi setting belakang.

Namun hasil kerja keras dua hari itu sirna kala lintasan sedikit mengering saat Q2. Pakai ban slick yang bisa dibilang nekad, justru bikin Vale menderita. “Sayangnya, di FP4 kita tidak mengubah apapun, sehingga sangat menderita. Jika lintasan tidak basah (kering), kita bakal menderita dengan pegangan belakang,” tegas Rossi.

Artinya, berharap balapan hujan, ya. Semoga lah. Rezki

BACA JUGA

http://maniakmotor.com/hasil-motogp-motegi-2017-moto3-moto2-13-15-oktober-2017/

BAGIKAN