nhk

Jelang Race MotoGP Motegi 2017: Rossi Berjudi Dengan Slick Saat Kualifikasi

46 Rossi Jepang 2017a

ManiakMotor – Maaf bos, tadi saat Q2 kurang terdeteksi apa yang dilakukan Valentino Rossi. Ternyata jawabannya mirip dengan Marc Marquez yang di akhir sesi Q2 di sirkuit Motegi, Jepang pada Sabtu 14 Oktober 2017 coba ban soft tipe kering. Usaha Marquez itu gagal total karena jalur masih basah. Untung dia sudah menggunakan ban basah di awal sesi, sehingga bisa keempat.

Agak berbeda dengan Valentino Rossi yang sejak awal sesi sudah menggunakan ban slick, tentu saja soft. Rossi berusaha memanaskan bannya selama 11 menit sesi Q2. Dengan banyak lap tersebut, panas diharapkan akan panas alami dan akan senyawa dengan aspal.

Sayang tidak berhasil, lantaran penggunaan ban ‘botak’ itu masih terlalu dini. Maksudnya lintasan masih basah. “Jalur masih banyak yang basah ketimbang yang kering. Saya tahu itu berisiko. Tujuannya berharap lintasan menjadi kering seiring suhu ban meningkat. Tapi sayangnya masih terlalu basah,” sebut Rossi yang kali ini nalurinya keliru.

Belakangan alias tinggal sekitar 2 menit sesi Q2 berakhir Rossi keluar pit mengganti ban. Apa boleh dikata, sesi sudah sangat mepet, lantaran mengarungi 1 putaran terasa lama. Kan lebih lambat 10 detik dari kondisi kering.

Itulah yang membuat The Doctor start dari grid 12 yang ketinggalan 4 detik lebih dari yang tercepat. “Tapi ndak masalah. Setingan basah sudah di tangan. Tapi yang kering belum, karena sirkuit nggak pernah kering. Semoga warm-up berlangsung kering,” doa Rossi yang juga bicara jatuhnya di FP4 dan dianggapnya aman-aman saja.

Ikut berdoa kering juga deh, agar pakai ilmu kira-kira set-upnya. Maklum dua hari latihan basah, tapi lomba kering. Asyik tuh… Miolo

BACA JUGA

Hasil MotoGP Motegi 2017, Moto3 – Moto2, 13 – 15 Oktober 2017

BAGIKAN