nhk

Jelang Race MotoGP Motegi 2017: Zarco ‘Mengajari’ Pembalap Pabrikan Yamaha

05-johann-zarcodsc_8

ManiakMotor – Saat dua M1 pabrikan berkutat dengan grip di lintasan basah, justru M1 kualitas satelit yang merebut grid pertama. Itu dilakukan Johann Zarco yang menggunakan M1 milik Yamaha Tech3. Zarco pun ditanya perseoalan M1 pabrikan yang bermasalah di lintasan basah.

Kontan Zarco bicara apa adanya. Awalnya dia seperti nggak mau terlibat M1 yang dikebutnya dibanding-bandingkan dengan M1 pabrikan. “Soal Vinales dan Valentino saya  kurang mengerti. Bisa saja di sirkuit tertentu motor mereka bermasalah pada grip saat hujan,” jelas Zarco yang tentu senang dengan posisi dari letak motor pertama ketika start alias pole position.

Menurut Zarco kembali pada pembalap masing-masing apakan punya kepercayaan diri untuk menggeber di lintasan basah. Dia pun cerita soal traksinya di sesi-sesi awal juga kurang menggigit. “Tinggal bagaimana cara saya sendiri mengatasinya. Di sisi lain, mekanik juga bekerja untuk menyelsaikan persoalan,” jelas Zarco yang tidak mengajari Vinales dan Rossi bersama mekaniknya.

Bagi Zarco tinggal perbedaan cara menjalankan sesi ke sesi bersama tim. Setiap data disimpan dan dianalisa. Lantas diubah sikit-sikit sesuai tuntutan yang namanya set-up. Zarco sih nggak bilang dari komponen ke komponen atau langkah-langkah yang harus dilakukan, yang pasti tujuannya bersaing dengan yang cepat-cepat.

Data-data tersebut menurut Zarco diambil kesimpulan yang paling tepat. “Dari situ kepercayaan diri dibangun untuk cepat di medan basah,” tambah Zarco yang sekali lagi nggak mau mengajari pembalap pabrikan dalam soal grip. Tapi namanya tercepat bebas-bebas aja bicara, ada buktinya kok. “Nanti dibuktikan saat lomba, saya siap di lintasan kering, flag to flag dan apalagi basah yang punya referensi banyak,” tutup Zarco. Miolo

 

BAGIKAN