nhk

Jelang Race MotoGP Mugello 2019: ‘Ulah Ducati’ Marquez ‘Memakai’ Dovi, Kena Getah M1 Quartararo

ManiakMotor – Pole position Marc Marquez yang kontroversial di sirkuit Mugello, Italia pada Sabtu 1 Juni 2019 saat Q2 ada jawabannya. Menurut Marquez, dia memanfaatkan laju Andrea Dovizioso karena ulah Ducati. Sepanjang kualifikasi dia menduga, Michele Pirro (tester Ducati) sengaja diperintahkan mengikutinya.

Karenanya dia membalas mengikuti Dovizioso untuk bahan mengejar dan menuju finish trek lurus dipakai sebagai slipstreaming. Hasilnya dia merontokan catatan Fabio Quartararo yang diprediksi saat itu sudah sulit dilewati, walau masih menggunakan ban segar pertama.

Kecuali oleh Quartararo sendiri dan berhasil, namum ternyata kecepatan Marquez mengikuti Dovi jauh lebih tajam, “Kecepatan di kualifikasi menjanjikan, tetapi Pirro mengikutiku sepanjang waktu. Sepertinya Ducati mengintruksikan Pirro untuk itu,” alasan Marquez yang akhirnya membuat 1’45.519 menggeser M1 Quartararo.

 

Marquez dan Pirro

Namun, Marquez mengakui sulit memastikan, taktik Pirro tersebut disengaja atau tidak. Katanya itu hanya perasaan. Ketika dia keluar pit seperti biasa, ternyata Pirro sudah ada di belakangnya. Maka dia melambat dan terjadi begitu saja. “Pirro ada di belakangku dengan ban segar pertama. Saya masuk pit dan bilang pada kepala kru (Santi Hernandez). Oke kita ubah strateginya. Dan itulah yang saya lakukan,” alasan Marquez soal dirinya seperti tayangan di televisi di sesi akhir terus mengikuti Ducati Doviziso.

Jika Ducati benar menempatkan Pirro di belakang Marquez, itu menjadi bumerang. Ketika Honda dan Ducati memainkan kucing-kucingan. Maka di sesi akhir pun Marquez menunggu Pirro. Pirro juga katanya demikian. Tapi yang segera muncul adalah Dovizioso yang juga sedang ditunggu Marquez dan dijadikan bahan melaju sampai finish dan di trek lurus dipakai habis-habis ‘menembak’ catatan waktu dan coba lihat video ini.

Sebenarnya taktik Marquez ini sering ia digunakan. Dia seolah mengejar yang di depan dan sektor tertentu menjadi kelemahan Honda, motornya dia paksakan. “Saya melihat Dovi kedua belas. Tapi itu nggak masalah. Saya mengikuti Dovi, karena Dovi sendiri perlu mendorong meningkatkan waktu putarannya. Intinya strategi ini Ducati sendiri yang menciptakan,” alasan Marquez.

Iya tapi yang dirugikan M1 Quartararo yang melaju sendiri dan mencitptakan time sendiri. Dan sejatinya nggak ada larangan seperti yang dilakukan Marquez. Hanya etika saja, hehe. Miolo

BACA JUGA

Hasil MotoGP Mugello 2019 Moto2 Dan Moto3 31 Mei – 2 Juni 2019

Q2 MotoGP Mugello 2019: Duel Marquez vs Quartararo, Marquez Memanfaatkan Dovi

BAGIKAN