nhk

Jelang Race MotoGP Qatar 2017: Lorenzo Usul Ubah Jadwal Balapan, Ini Untungnya Pembalap

Lorenzo, motogp, Qatar

ManiakMotor – Batalnya FP4 dan dua kualifikasi akibat diganggu hujan badai, selain banyak yang kecewa (tentu pembalap), juga mencuatkan usulan, di antaranya keluar dari mulut Jorge Lorenzo. Bagaimana jika jadwal pelaksanaan MotoGP Qatar yang pada 26 Maret 2017 itu dimajukan musim depan. Jika selama ini dimulai pukul 21.00 waktu setempat, balapannya dikala ‘senja’.

Pembalap motogp, kata juara dunia lima kali itu akan mendapat manfaat. Terutama, soal suhu dan kelembaban yang jadi masalah, saat itu berkurang. Karena, katanya, dengan jawal sekarang, kedua faktor itu sulit diprediksi dan turunnya tidak terduga. Tentu sangat menyulitkan pembalap dan bikin kerja keras para teknisi.

Dari pengalamannya, JL bilang sekitar 21.30 ketika suhu normal mulai turun pada tingkat yang cukup cepat. “Kelembabam cenderung meningkat dan membuat kondisi trek cukup berbahaya,” urainya. Pindahnya waktu balapan dari malam ke senja, Lorenzo mengambil contoh F1 di Abu Dhabi. “Itu baik buat kepentingan televisi dan sportnya sendiri.”

Soal dibatalkannya FP4 dan dua kualifikasi, kalo berbicara kecewa, ia mengatakan dia paling kecewa. Karena, peluangnya untuk start ke depan masih punya peluang. Apalagi harus menjalani Q1 yang bukan pertama kali, tapi untuk ketiga kali selama karir di balap kelas premier. “Banyak kesempatan untuk bisa dilakukan pada motor, termasuk menemukan setelan dan pemakaian ban,” sesalnya.

Paling utama, dan ini terpenting yang masih dibutuhkan solusinya dalam membawa GP17. Belum ditemukannya kecepatan ideal saat di mulut tikungan. “Kalo masuk dan ke luar tikungan, katanya hampir tidak ada masalah,” tutup JL yang start dari urutaan ke-12. Rezki

 

BAGIKAN