nhk

Jelang Race MotoGP Qatar 2017): Start Terdepan, Vinales Kecewa Beberapa Persiapan Hilang

Maverick, start , Qatar

ManiakMotor – Hujan badai telah membuyarkan FP4 dan kualifikasi motogp lantaran permukaan trek Losail licin. Posisi start pun ditentukan berdasarkan gabungan dari hasil latihan bebas sebelumnya. Maverick Vinales berhak menempati pole position untuk balapan seri pembuka di Qatar, nanti malam (26/3).

Pembalap tim MoviStar Yamaha itu setuju dengan keputusan itu. Ya, membatalkan kualifikasi dan menetapkan dirinya start terdepan. Karena, dari tiga kali latihan resmi, pembalap Spanyol 22 tahun ini dua kali tercepat (FP1 dan FP3), terkecuali FP2 akibat terjatuh.

Ia sedikit kecewa FP4 tidak jadi dilaksanakan lantaran kehilangan kesempatan untuk melakukan beberapa persiapan untuk YZR-M1. “Bukan menyangkut ban hujan atau kering. Terlalu banyak risiko di luar trek dan tentu beberapa pembalap sedikit kecewa. Terutama menyangkut keamanan, cukup sulit. Itu kondisi gila,” sebut MV.

Persiapan yang dimasuk Vinales, seperti elektronik, laju motor dengan bahan bakar penuh, tentu juga pemilihan ban. Lebih penting lagi, katanya, ia tidak bisa naik motor dengnan setelan untuk balap. Meski ada peluang sebelum balapan.

Kendati begitu, ia mengakui bahwa M1 memiliki kecepatan yang baik untuk balap. “Saya melakukan lap yang bagus bahkan naiknya lebih cepat daripada kualifikasi tahun lalu (sama Suzuki),” tegasnya. Saat sesi pemanasan, ia akan membuat kecepatan sendiri  dan penyesuaian terakhir. Rizki

BAGIKAN