nhk

Jelang Race MotoGP Qatar 2019: Pada Akhirnya M1 Vinales Cepat Konsisten 1:53, Di Grid Pertama

ManiakMotor – Kalau dilihat dari perjalanan Qualifying 2 (Q2) yang paling kencang dan konstan memang M1 Maverick Vinales. Murni mampu berlari 1:53 yang didapat bukan kebetulan di sirkuit Losail, Qatar pada Sabtu 9 Maret 2019. Itu yang membuatnya berhak pole position.

Gambaran kecepatannya bisa tengok Q2 babak pertama. Vinales satu-satunya pembalap yang mampu 1:53. Tepatnya 1 menit 53,844 detik pada penggunaan ban segar pertama, “Di Q2 saya merasa sangat baik. Motor sangat mendukung walau saat itu sangat dingin dan berangin. Lintasan di sektor awal juga licin. Tapi saya mendapatkan catatan terbaik,” papar Vinales dengan sangat tenang.

Perjalanan Q2

Nggak ada juga pembalap di Q2 itu yang sanggup berlari 1:53 berulang-ulang dalam empat kali kesempatan melakukan waktu cepat. Tercatat, Vinales tiga kali dapat 1:53. Yang tercepatnya adalah 1:53.546 yang menggunakan ban segar kedua atau babak kedua. Bandingkan dengan posisi kedua Andrea Dovizioso dan Marc Marquez yang hanya sekali dapat 1:53, silakan lihat data.

Dengan catatan, time itu dia dapat dengan berlari sendiri tanpa nembak. Maksudnya tanpa rombongan yang ada pembalap untuk jadi tameng slip streaming, “Tim dan saya bekerja keras di FP4. Kami temukan beberapa perbaikan racing line. Paling untama motor saya bisa pacu sampai limit dengan gaya saya sendiri. Itu paling penting untuk lomba,” tambah Vinales.

Pembalap Spanyol ini akan berusaha sepintar mungkin mengatur irama balapan ketika race Minggu 10 Maret. Dia yakin akan itu, sebab terjadi perbaikan akselerasi. Yang satu ini justru menurut Vinales bukan dikerjakan dari pemetaan elektronik, tapi disetel dengan mekanis. Maksudnya penyetelan swing-arm dan sokbtreker.

Vinales sih nggak sebut oli sokrekernya diganti lebih kental atau cair, haha. Atau juga pegas suspensinya lebih lembut atau hard, “Aku rasa persaingan membaik dengan utak-atik mekanikal dibanding elektronik,” tutup Vinales yang siap 1000 persen berlomba. MM

BACA JUGA

Jelang Race MotoGP 2019: Terkuak Taktik Ducati Fokus Lomba, Dovizioso Grid Kedua…!

Hasil MotoGP Qatar 8 – 10 Maret 2019 Moto2 Dan Moto3

Q2 MotoGP Qatar 2019: Rossi Start Grid 14, Lorenzo Jatuh (Lagi), Pole Position Vinales

FP4 MotoGP Qatar 2019: Petrucci Tercepat Disusul Dovizioso…!

FP3 MotoGP Qatar 2019: Rossi & Jorge Nggak Lolos Q2, Marquez-Lorenzo Terjatuh Cidera Lagi???

BAGIKAN