nhk

Jelang Race MotoGP Sachsenring 2017: Marquez, Aspal Baru Air Cepat Kering, Artinya?

93 Marquez 2017 Sachsenring-t

 

ManiakMotor – Aspal baru di sirkuit Sachsenring, Jerman mudah meresap air. Hujan berhenti, beberapa saat kemudian diikuti aspal mengering. Seperti saat kualifikasi Moto3 kemarin, 10 menit sebelum sesi selesai hujan turun, namun cepat berhenti.  Ketika FP4 MotoGP, eh aspal sudah kering.

Artinya kalau itu terjadi dalam race MotoGP, akan ada flag to flag atau ganti motor dengan ban kering. “Dengan dua kondisi itu, motor dan saya siap menghadapinya. Tinggal memperhatikan bendera dari marshall,” tegas Marc Marquez yang perebut pole dan start dari grid pertama saat race Minggu 2 Juli 2017 di GP Jerman.

Marquez mengakui dalam kondisi basah tidak pernah tahu situasi yang akan terjadi pada motor dan aspal. Tapi dia yakin, aspal baru Sachsenring juga ada grip saat basah. Contohnya saat hujan dia mampu mengalahkan catatan Danilo Petrucci di Q2. Catatan si Petrux itu awal-awal dikira sudah tak ada yang bisa mengejar dan  Marquez bisa melewatinya di akhir sesi.

Namanya hujan, tetap saja gripnya tidak sebaik kering, hehe. Itu sudah pasti. Siapa pun boleh berharap menang dengan keberuntungan. “Saya juga berharap podium untuk memulihkan point di klasemen. Tentu butuh perjuangan,” tambah Marquez yang saat kualifiaksi senggolan lumayan keras dengan Maverick Vinales.

Nah kalau kering sepanjang lomba beda lagi. Duel di Sachsenring akan ketat, walau si Marquez tetap menjadi unggulan. Dari waktu kering di FP3 dia juga yang pegang kendali. Melihat ke belakang, speksifikasinya di Sachsenring tak terkalahkan juga jaminannya. Tapi lomba dalam 8 seri lalu sering menghasilkan yang aneh-aneh. Miolo

BACA JUGA

Hasil MotoGP Sachsenring Jerman 30 Juni – 1 – 2 Juli 2017 Moto3 Dan Moto2

Klasemen MotoGP 2017, Moto2, Moto3 2017

BAGIKAN