nhk

Jelang Race MotoGP Sachsenring 2017: Rossi, Butuh Modifikasi M1 Untuk Lintasan Basah

46 Rossi Sachsenring2017c

 

ManiakMotor – Cerita Valentino Rossi memang asyik. Sesuai namanya balap yang banyak kotak-katik motor. Kalau di MotoGP sekarang, mesin dilarang dikorek-korek lagi lantaran sudah disegel di awal serial. Yang ada hanya memainkan mapping ECU, girboks/final gir, suspensi dan rangka. Nah Rossi akan memodifikasi bagian mana saat bermasalah di lintasan basah.

Beralasan ban, nggak mungkin kalee. Lawan menggunakan ban yang sama bisa cepat ketika basah. Yang ada persoalan yang disebut tadi pada M1. “Memang dari sirkuit ke sirkuit, banyak perubahan. Apalagi ketika basah. Hampir semua Yamaha, kecuali Folger kesulitan basah di Sachsenring. Makanya butuh tindakan modifikasi dan nanti dicoba di warm-up,” sebut Rossi yang tidak dengan rinci mememodif bagian mana pada strateginya menghadapi race Minggu 2 Juli 2017 di Jerman.

Yang jelas modifikasinya bukan dengan jurus bubut, las dan gedor dengan palu, haha. Ada juga sih yang begitu di MotoGP kalau dianggap darurat. Kelihatannya saat basah seperti di Q2 Rossi terlihat ragu-ragu memelintir selongsong gasnya. Karena memang, nggak bisa dipelintir seenaknya dibanding lawan yang di depan. Lha wong nggak pegan lintasan.

Mengubah set-up juga disebut modifikasi. Bisa saja, set-up yang dipakai basah masih membawa yang dari Assen yang dianggap bagus. Tapi tidak berjalan dengan semestinya di Sachsenring dan membuat Rossi hanya ke-9 atau dari baris ketiga saat lomba nanti. Kemarin sih saat menghadapi hujan sokbreker depan yang banyak ‘dimodif’. Apakah itu yang dimaksud Rossi untuk dimodifikasi?

Belum tahu! Nggak disebut secara jelas. Cuma, itu prediksi untuk hujan yang turun tidaknya bukan kehendak manusia. Siapa tahu saat balapan kering. “Kalau kering pace dekat-dekat kok dengan mereka yang berada di depan. Tapi dengan kondisi seperti ini, harus memperhitungan keduanya, kering dan basah,” tutup The Doctor.

Kalau kering nggak butuh modifikasi, dong. Tinggal tancap. Miolo

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2017, Moto2, Moto3 2017

Hasil MotoGP Sachsenring Jerman 30 Juni – 1 – 2 Juli 2017 Moto3 Dan Moto2

BAGIKAN