nhk

Jelang Race MotoGP Thailand 2018: Kata Rossi M1 Meningkat Pesat, Didukung Vinales

46 rossi Thailand 2018

ManiakMotor – M1 di sirkuit Chang Intenational Buriram, Thailand meningkat pesat. Jokinya bisa menggeber itu motor sampai limit dengan tetap nyaman. Saat Q2 bisa bersaing dengan RC213V dan GP18. Hanya kalah 0.011 detik dari Honda saat Q2 pada Sabtu 6 Oktober 2018.

Itu yang menerangkan Valentino Rossi loh. Katanya dia suka sekali dengan M1 sejak pertama kali masuk ke-FP1 dan FP2 di sirkuit Chang, kemarin. “Motor sangat meningkat. Tambah lagi hari kedua kami melakukan beberapa modifikasi pada motor. Arahnya perubahannya sangat tepat,” papar Rossi yang start di grid ke-2 (front row) pada lomba Minggu 7 Oktober 2018 di Thailand.

Bahkan diklaim Rossi, modif tersebut membuat ban bekerja sesuai kinerjanya. Padahal saat Q2 panas lintasan Chang di atas 50ºC, namun M1 tetap dapat grip. Kan biasanya saat panas meningkat, ban M1 akan spin, “Motor juga di FP4 memiliki kecepatan yang bagus dengan tipe ban yang akan dipakai di race. Tinggal berjuang untuk podium,” tambah Rossi yang belum sesumbar juara.

Hebatnya, M1 sudah berani menggunakan ban hard. Ban yang selama ini kesulitan mereka gunakan. Bahkan Vinales merasa kurang beruntun di saat sesi akhir Q2 malah menggunakan ban medium, “Seharusnya pakai hard depan, agar motor jadi agresif berubah arah. Tapi nggak apa-apa ke-4 juga sudah syukur. Yang penting saat FP4 dengan setelan race, saya cepat,” timpal Vinales.

Kita tahu, Yamaha lewat Rossi terakhir kali juara di Assen, Belanda tahun lalu. Habis itu, puasa juara seri dengan persoalan elektronik dengan grip bannya. Makin pasrah ketika di seri Aragon lalu, kedua pembalapnya terlempar ke Q1 yang tidak bercirikan motor papan atas. Nah di Thailand ini sejak sesi awal sampai kualifikasi kompetitif.

Tinggal tunggu lomba untuk pecahin telur. Miolo

BACA JUGA

Hasil MotoGP Thailand 5-7 Oktober 2018 Moto2 dan Moto3

Klasemen MotoGP 2018, Moto2, Moto3 2018

Q2 MotoGP Thailand 2018: Marquez Pole Position, Rossi Kedua Dan Dovi 3

FP4 MotoGP Thailand 2018: Tercepat Dovizioso, Dua Yamaha Konsisten