nhk

Jelang Race MotoGP Valencia 2017: Satu Cara Rossi Bikin Marquez Gagal Juara Dunia

46 rossi Marquez

ManiakMotor – Ingat 2015 ketika Valentino Rossi merasa direcoki untuk berebut juara dunia. Dan Rossi menganggap Marc Marquez tukang recok di GP Malaysia dan membuat emosi Rossi meluap. Singkat cerita saat itu Rossi dihukum harus start dari grid paling belakang di ronde akhir Valencia dan juara akhirnya dipeluk Jorge Lorenzo.

Pasti soal ini nggak akan dilupakan Rossi mengingat dua tahun lalu kesempatan buat dirinya untuk juara ke-10 kali dari semua kelas. Di akhir seri 2017 ini, Marquez yang dianggap merecokinya akan menentukan juara dunia dengan unggul 21 point dari Andrea Dovizioso yang satu bangsa dengan The Doctor.

Apakah Rossi nggak tergoda dengan peristiwa 2015 tersebut? Eiii… balas dendam itu dilarang. Ah tetap saja Rossi akan terngiang peristiwa tersebut. Makanya dia cerita soal perebutan juara dunia 2017. “Hanya satu cara buat Andrea (Dovizioso) untuk bisa juara dunia,” sebut Rossi saat jumpa pers wajib jelang MotoGP Valencia.

Cara ini yang sampai sekarang sulit diterjemahkan dengan sejelas-jelasnya. Bila dicermati tanpa sakit hati, caranya tentu Dovizioso juara dan Marquez nggak finish. Sebab berharap Marquez finish di luar 11 besar mustahil dengan skill di atas rata-rata dan RC213V milik HRC.

Marquez nggak finish ini kan juga jadi pertanyaan. Apakah nggak finish karena mogok motornya? Atau jatuh sendiri? Atau dijatuhkan? Nah siapa yang akan menjatuhkan? Pertanyaan terakhir ini yang mengaitkan dengan peristiwa yang menurut Rossi direcoki Marquez saat peluangnya untuk juara dunia mengejar Lorenzo.

Nomong-ngomong yang mau menjatuhkan dan dibantu malah ke-7 dan ke-9 saat kualifikasi. Lagian ini kan hanya analisa bro. Miolo

BACA JUGA

Hasil MotoGP Valencia 2017 Moto, Moto3 10 – 12 November 2017

BAGIKAN