nhk

Jelang Race MotoGP Valencia 2019: Rossi Secara Tekniks Yamaha ‘Tersesat’, Vinales Soal Momentum

ManiakMotor – Keadaan Yamaha yang tertatih-tatih dan mulai membaik di paruh musim 2019, disebabkan perencanaan teknis yang tersesat. Itu dimulai dari 2017 sampai berlanjut awal  2019, lalu sadar di paruh musim tahun ini.

Itu yang bicara Valentino Rossi usai melakukan Q2 di sirkuit Valencia, Spanyol pada 16 November 2019. Ya dalam rangka ronde terakhir MotoGP tahun ini, “Ini pun yang ada sekarang, harus punya langkah lain tahun depan. Memang, secara keseluruhan Yamaha sadar akan tersesatnya tersebut,” kata Rossi di crash.net yang di Q2 hanya ke-12.

Menurut Rossi, posisi 12 itu adalah kesalahan strategi. Katanya, namanya strategi, kadang berhasil dan kadang gagal. Makanya di Q2 ini disebut gagal. Padahal motor sanggup. Itu dibuktikan di FP3 dia bisa keempat dan langsung ke-Q2. Catatan waktunya di FP3 yang 1’30.630 lebih cepat ketimbang Q2 yang cuma 1’30.954.

Rossi memang terlihat saat keluar pit empat menit sesi Q2 akan berakhir dengan ban segar kedua, terjebak kroditnya sirkuit. Dia sulit mengembangkan kecepatan, “Sebenarnya potensi lebih baik lagi sangat terbuka, tapi lalu lintas di sirkuit tidak memungkinkan. Tapi, apa pun namanya, tahun depan harus ada langkah lain dibuat Yamaha,” tambah Rossi yang mengakui tahun 2019 ini adalah tahun tersulit buat dirinya, bukan motor, hehe.

Demikian dengan Maverick Vinales yang digadang-gadang akan pole, tapi ternyata out dari front row di Valencia. Dia hanya keempat, “Start dari baris pertama adalah target utama. Tapi ternyata gagal. Saya tidak mendapatkan feeling yang tepat dengan ban kedua. Banyak melakukan kesalahan. Saat balap nanti penentunya di lap pertama, itu pasti,” prediksi Vinales yang telah siap menggebrak sejak start dan belum bicara soal Yamaha tersesat seperti kata teman setimnya. M11

BACA JUGA

Hasil MotoGP Valencia 2019, Moto2 Dan Moto3

Q2 MotoGP Valencia 2019: Pastilah Quartararo Pole Position, Ditempel Oleh Marquez

FP4 MotoGP Valencia 2019: M1 Vinales Tercepat Dengan Setelan Lomba

FP3 MotoGP Valencia 2019: Quartararo Tercepat, Rossi Langsung Q2


Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353