nhk

Jelang Race Mugello 2018: Set-up Klasik M1 Rossi, Sama Klasiknya Dengan Helmnya

ManiakMotor – Di sesi terakhir Q2 di sirkuit Mugello, Italia pada Sabtu 3 Juni 2018, usai Valentino Rossi membuat 1 menit 46.208 detik, dia bersua dengan Marc Marquez. Ketemunya masih di lintasan karena saat itu, waktu tersedia masih ada 1 menit lebih sesi cepat-cepatan tersebut.

Namun saat itu, Rossi sudah tak mengambil waktu, sedang Marquez masih mati-matian mempertajam waktunya yang akhirnya bikin kesalahan. Rossi saat itu menempel Marquez, namun dengan tidak keadaan ngotot. Berarti M1 kencang dong, “Ya… sebenarnya tidak ada yang istimewa, palingan balance untuk ban depan. Tapi kami coba sesuatu yang lampau, kenyataannya nyamnn,” papar Rossi yang mensyukuri setelah setahun lebih tak pernah front row apalagi pole position.

Sesuatu yang lama, terinspirasi dari helm dan baju balapnya yang klasik. Namun ini tentu saja setingan motor. Dia tak mau membocorkan yang lama itu bagian yang mana? Apakah mapping elektronik? Tapi yakin itu mekanis semacam geometri rangka, suspensi, lengan ayun dan yang berkaitan. Sebab untuk mengutak-atik mesin sudah tak mungkin, karena sifat mesin disegel sepanjang tahun.

Rossi mengingatkan saat test di Barcelona mereka sanggup meningkatkan keseimbangan motor. Cukup terasa katanya di Mugello, terutama masuk di T1 yang butuh balance motor usai kencang dari trek lurus. Di ujung trek lurus tersebut ada turunan yang memaksa motor goyang-goyang. Namun punya Rossi sangat diem.

Apa pun menurut Rossi, kualifikasi hanyalah cara mencari catatan waktu yang paling kencang. Dia akan berbeda dengan balap, “Satu lap di Q2 akan jauh berbeda dengan lomba. Historisnya Mugello adalah lintasan yang bagus untuk Yamaha,” pungkas Rossi yang merayakan pole position seperti kemenangan.

Walah… Raider

BACA JUGA

Hasil MotoGP Mugello Italia 1 – 3 Juni 2018 Moto2 Dan Moto3

Klasemen MotoGP 2018, Moto2, Moto3 2018

Jelang Race MotoGP Mugello 2018: Rossi Tak Hanya Bidik 5000 Point