nhk

Jelang Race WSSP300 Brno 2018: Galang Hendra Manfaatkan Regulasi Power to Weight Ratio

ManiakMotor – Aturan bobot yang diterapkan lewat rumus power to weight ratio bersihnya memang Yamaha YZF-R3 dibebani 205 kg bersama pembalapnya. Sedang KTM RC390 yang kapasitas 390 cc mendapat 208 kg. Yang 400 cc yang dibebankan pada Kawasaki 400 adalah 215 kg. Aturan itu adalah minimum, kurang dari itu yang diberi bobot tambahan, bro.

Aturan itu berlaku mulai WSSP300 ronde 5 di sirkuit Brno, Ceko yang race-nya Minggu 10 Juni 2018. Galang Hendra Pratama bermain di kejuaran dunia sport paling bawah ini, punya potensi dari kalkulasi rumus tenaga dan bobot tersebut. Maksudnya, R3 Galang akan seimbang tenaga dan bobotnya dengan lawan-lawannya yang merajai empat seri berlalu.

Galang usai melakukan timbangan yang mulai diberlakukan dari sirkuit Brno

Tentu saja, untuk saat ini buat para pembalap R3 menguntungkan, paling tidak seimbang dari segi tenaga. Khusus di Brno, Galang bisa memanfaatkan kelincahan R3 buatan Indonesia yang disetel tim Biblion Moto X Racing. Sebab, R3 lebih ringan dengan aturan ini bermanuver di Brno.

“Semua bisa dimanfaatkan termasuk semangat dan mental Galang. Saya rasa skill Galang juga mendukung. Itu telah menjadi satu kesatuan dengan aturan,” papar M Abidin, GM After Sales & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) yang bersemangat atas keberhasilan Galang dari semua sesi sebelumnya di Brno.

Teknisnya begini. Itu sudah dipertunjukan Galang dari tiga sesi FP1, FP2, dan SuperPole 2 yang semuanya Galang tercepat. Sebab sirkuit Brno, ada 5 tikungan yang model berbalasan atau chicane. Tikungan begini kan urusannya membolak-balik motor. Jika bobot dan tenaga seimbang, pembalap akan lebih mudah ubah-ubah arah pacuannya.

Aturan bobot WSSP300 ini, sudah pasti paten. Yang bikin rumus itu para pengatur teknik tingkat dunia yang berada di FIM. Itu atas permintaan Dorna agar balapan yang mereka bikin imbang. Tidak menguntungkan salah satu produsen seperti di… di mana? Nggak tahu, haha!

Ok deh, nantikan perjuangan Galang Hendra pada race Ahad 10 Juni 2018 pada 19:20 WIB di Indonesia. Siaran langsungnya di televisi berkabel Fox Sport 3. Raider

BACA JUGA

Superpole 2 (SP2) WSSP300 Brno 2018: Galang Hendra Pole Position

WorldSSP300 Ceko: Aturan Bobot Diterapkan, Galang Hendra Jagoan FP1 & FP2

FP1 WSSP300 Brno 2018: Galang Hendra Tercepat, Ya Pertama..!

WSSP300 Brno 2018: Galang Hendra Berpeluang Dari Layout Sirkuit

Jelang WorldSSP300 Ceko: Galang Hendra Nggak Kenal Sirkuit, Tapi Punya Kans

Jelang WSSP300 Brno 2018: Galang Hendra Pratama Harusnya Papan Atas

BAGIKAN