nhk

Jelang Ronde 2 YSR 2018: Tim Asuhan Leon Racetech Sudah Latihan Mesin & Pembalap Duluan

Leon Candra, YSR, Sentul
Leon Candra

ManiakMotor – Yamaha Sunday Race (YSR) bagian dari OMR atau one make race. Dia balapan satu merek Yamaha yang diputar oleh divisi promosi Yamaha Motor Indonesia. Yamaha memang brilian mengemasnya khusus balapan sport yang teknologinya berbasis elektronik. Juga meramu balapan komunitas, pembibitan sampai profesional.

Yang profesional ini jangan dianggap enteng bro. Wajib diikuti tim-tim yang yang didukung Yamaha. Tim papan atas khusus pemain sport. “Makanya kami sedang latihan buat motor dan pembalapnya untuk ronde 2 YSR,” jelas Leon Chandra yang sibuk otak-atik ECU dengan lap top  untuk dua tim sekaligus bekerjasama dengan Racetech miliknya pada Rabu 2 Mei 2018.

Maksudnya latihan buat motor, untuk pengepasan mekanis dan elektroniknya. Yakni pada tim milik Yamaha Rey Ratukore dan Yamaha Akai Racetech. Leon ini juga yang memandu korek mesin pakai elmu hitungan. Tentu saja memainkan keahlian untuk  elektronik pada ECU aRAcer yang mereka gunakan.

Bagi Leon walau satu jurus korekan, butuh penanganan tersendiri pada setiap motornya. Itu berkaitan dengan tipe pembalapnya, “Laporan mereka yang menentukan mapping mesin. Contoh ada yang masih basah terus pembakarannya, lantaran cara bawanya. Harus diakali dari pemetaannya,” tambah Leon.

Bersamaan dengan itu, ikut melenturkan para pembalapnya. Nah, itu tugas Rey yang jadi mentor pembalap yang bernaung di dua tim tersebut. “Banyak yang harus diketahui. Contoh sederhana ban. Jika pakai ban baru, racing line berubah-ubah nggak masalah. Akan tetapi, menggunakan bekas pakai, jalur harus pas. Salah sedikit akan muncul gejala ban geser,” terang Rey seperti dia terangkan pada Janoer Saputra, pembalap Sulteng yang ikut latihan.

Petanda ronde dua YSR pada 5 – 6 Mei milik Yamaha Indonesia ini akan meriah. Kalau begitu, ayo datang nonton. Ikut juga nggak apa-apa, ada kelas komunitas sampai prof tadi. Raider

BAGIKAN