nhk

Jelang Seri 2 IRS Sentul 2018: Kelas Underbone 150 Regulasi Mesin Dikaji, Awalnya MP1 Dulu

ManiakMotor – Untuk sementara alias awalnya untuk balalapan IRS di Sentul, Bogor 30 Juni – 1 Juli 2018 di ronde 2 yang diundur itu dibuka kelas bebek (underbone) atau UB 150. Untuk sementara juga spesifikasi mesinnya MP1. Kategori pembalapnya Pemula A (MP3) ke bawah, maksimum usianya 20 tahun.

Bagi Bambang Gunardi yang punya IndoSpeed, penyelenggara IRS, inti dari UB150 diperuntukan buat pembalap muda. “Agar mereka terbiasa dengan sirkuit yang besar. Kalau aturan mesin untuk awal ini ditetapkan MP1. Ini juga masih dipelajari untuk selenjutnya. Karena UB150 di ronde 2 ini masih penjajakan kelas ini,” sebut Bambang dari markasnya di Bintaro.

Yang jelas nanti apa pun regulasinya, mesin yang dipertandingkan di kelas baru tersebut mesin modern. Yakni mesin bebek berdiri yang aslinya kapasitasnya 150 cc. Seperti Yamaha MX-King, Sonic 150R dan Suzuki New Sartria 150 Fi. Semuanya sudah injeksi.

Tapi menurut Hardi alias Kampret yang biasa mengorek di Sentul Besar, jika aturannya MP1 terlalu mengandalkan mesin. Dan pada akhirnya soal duit yang mampu bayar teknologi mesin.

“Balap juga duit sih. Tapu berbeda misalnya menggunakan aturan MP5, niscaya kelas ini akan membludak. Peserta datang dengan bermodal ECU dan tukang mapping pemula juga bisa belajar. Di Jakarta saja motornya banyak. Dengan begini skill pembalapnya yang muncul,” papar Kampret.

Kan masih dipelajari Pret. Buat yang tertarik silakan mendaftar, untuk coba-coba. MM

BACA JUGA     

IRS Dan YSR 2018 Tabrakan Jadwalnya Di Sentul, IRS Ronde 2 Mundur 31 Juni   

BAGIKAN