nhk

Jelang Seri 2 Yamaha Sunday Race 2019: Tim Oryza Antisipasi Aturan VVA Pada Sport 150

Bima Aditya

ManiakMotor – Yamaha AIRA Oryza SSS NHK tidak mau lalai lagi dalam hal aturan. Itu yang membuat prestasi mereka di seri pertama Yamaha Sunday Race (YSR) pada Juni lalu drop. Terutama di Sport 150 Gupita Kresna juaranya tahun lalu, saat tampil di ronde pertama kedodoran. Bahkan dua pembalapnya nggak finish di kelas Sport 150 tersebut, satu lagi jokinya adalah Syamsul Arifin.

Bima Aditya sebagai tunner dan pengatur strategi Oryza punya jawaban. Katanya, harusnya mereka bisa tampil lebih baik, “Itu kalau peraturan VVA (Variable Valve Actuation) diteruskan panitia. Karena sejak ada pemberitahuan wajib pakai Yamaha R15 VVA, fokus risetnya pada kem VVA,” kata Bima yang akan gegabah lagi pada seri 2 YSR pada 27 – 28 Juli 2019 di Sirkuit Sentul Internasional atau Sentul Besar.

Memang sih aturan penggunaan VVA ini diumumkan ‘mendadak’ boleh tak digunakan. Sementara, alasan Bima saat itu sudah nggak ada waktu mengubah kepala silinder versi VVA ke yang biasa. “Ya sudah, balapannya pasrah saja, karena melawan R15 tanpa VVA. Intinya fokus tim saat itu pada kepala silinder dan kem VVA,” tambah Bima yang mantan pembalap mantap di eranya.

Beda dengan seri 2 YSR ini, Bima mengaku lebih siap, entah aturannya pakai VVA atau pun yang biasa pada R15, walau panitia menetapkan seri 2 wajib VVA. Pembalapnya juga nampak berambisi ingin membalas kekalahan di ronde pertama. Tuh, tunggu aksi mereka. Raider

 

BAGIKAN