nhk

Jelang Surya 12 Powercross Kediri, Ketangkasan Garuk Tanah

ManiakMotor – Powercross dan supercross (SS) itu sama, nama saja beda, lebih super dari motocross. Nilai ketangkasannya  tinggi, tetapi bukan bulu tangkas. Hehehe… Supercross adalah kompetisi mendekati akrobatik yang bisa diukur pakai alatnya special engine. Ukurannya juara, mengalahkan  20 peserta yang dilepas dari start gate seperti  seri Surya 12 Powercross di Simpang Gumul, Kediri, Jawa Timur, 8 – 9 Desember 2012 nanti.

Ukuran lainnya menyelesaikan 25 lap yang dijatah seperti Surya 12 Powercross seri pertama di Banyuwangi, Jawa Timur. Dihitung-hitung waktunya jauh dengan motocross yang 30 menit plus 2 lap. Sementara SS dengan 25 lap hanya 14 menit, karena setiap lap bermain 42 detik. “Tapi capeknya melebihi  motocross. Karena di SS harus lincah karena memang itu tuntutannya,” sebut Agi Agassi dari Dumasari MX yang juara pertama untuk nasional di Banyuwangi.

Bila mengintip ketangkasan para bule macam Jerney IRT (Slovenia), Lopes Andrien dari Prancis dan sebagainya, mereka sanggup hemat tenaga. Permainan dia sejak start hinggi finish seperti tidak kendur, tapi tidak gas pol rem blong, brosist. Iramanya enak ditonton. Akurasi mengembangkan power di tikungan yang tiba-tiba triple jump dan mendarat dengan mulus, itu nadanya. Ya, seperti penari gemulai lah.

Catatan waktu dia punya bule, eh, orang, rata semua dari lap ke lap. “Itu yang disebut dengan teknik bisa menghemat fisik. Bila semua loncatan diambil dengan tenaga, ya, akan capek. Bule hanya memanfaatkan power motornya untuk melintasi rintangan. Mereka hanya sesekali memakai tenaga, bila sangat dibutuhkan,” analis Johny Pranata dari IMI Racing Academy.

Menurut pengakuan Jerney (Husqvarna MX Team) di negaranya dia lebih banyak bermain motocross. “Saya harus cepat menyesuaikan dengan sirkuit supercross. Teknik terhadap handycap SS yang rapat, hanya butuh kelincahan motor dan manusianya. Saya rasa seri dua nanti juga begitu, desainer sirkuitnya seorang profesional,” beber Jerney sembari menunjuk Andrien sebagai lawan berat, sayang Jerney di moto 2 Bayuwangi gagal finish.

Ramai dong… Ya, kian ramai karena ada pula freestyle. Namanya juga ketangkasan garuk tanah. GS

BERITA TERKAIT:

Surya 12 Powercross Banyuwangi, Nasional Agi Agassi..!

Surya 12 Powercross Banyuwangi, Moto-1 Nasional Farhan, Bule Sulit Dilawan

Surya 12 Powercross, Ini Loh Bedanya Dengan Motocross

 


BAGIKAN