nhk

Jelang Tes H2 MotoGP Sepang 2018: Rossi Suka Evolusi Sasis 2016, Mudah Dikebut

ManiakMotor – Sangat wajar Valentino Rossi menyukai tulang yang bukan paman di Batak tapi rangka alias sasis yang bahasa aslinya chassis M1 2018. Tentu saja sasis yang digunakan pada hari pertama testing resmi pramusim MotoGP di Sepang, Malaysia pada 28 Januari 2018. Jujur saja baru terkalahkan jelang sesi ditutup. Doski sudah tak ikutan sejak pukul 17.00 di Sepang dan testing itu berlanjut sampai 18.00.

Wajarnya, M1 Rossi justru tercepat di saat sirkuit belum kering benar bekas hujan. Kondisi demikian sangat anti buat M1 2017. Yang menurut Rossi nggak ada gripnya. “M1 baru ini (2018) menggunakan sasis evolusi 2016. Mudah dikendarai dalam kondisi yang tidak biasa,” sebut Rossi saat aspal mulai mengering di Sepang satu-satunya yang bisa tembus di bawah 2 menit 1 detik, silakan periksa dihasil lomba di sini. Di hasil itu ada urutan setiap jam perubahan hasil.

Ingat ya, sasis 2016 tersebut evolusi. Seperti dibilang sebelumnya di portal ini, Yamaha hanya memanfaatkan basisnya. Tidak disebut dengan jelas sih bagian apa yang dipungut dari sasis dua tahun lalu tersebut. Kalau dianalis yang diambil adalah karakternya. Bisa didapat dari bahan dan desain lantas dievolusi dengan mesin terkini.

Sayang saja Rossi nggak melanjutkan pertempuran sampai selesai. Rossi telah berhenti di lap ke-50 dan catatan tercepatnya di lap 44 yang membuat Italiano sempat memimpin dengan 2 menit 0.233 detik. Itu artinya Rossi sudah copot baju balap alias berhenti dari tes sejak pukul 17.00 di sana. “Yang saya rasakan motor mudah dikendarai. Untung ada hujan di awal test sebagai uji coba sebenarnya pada sasis ini,” tambah The Doctor yang artinya saat hujan seperti tahun lalu mereka nggak berkutik.

Di saat bersamaan Rossi juga mengetes dua mesin. Mesin tersebut difokuskan untuk akselerasi dan mengerjakan elektronik. Yang digali tentu saja pada degradasi ban yang juga penyakit tahun lalu. Tapi grip sudah teruji saat lembab di awal tadi.

Eh ngomong-ngomong teman setim Rossi, Maverick Vinales urutan ke-13. Masih jauh dari harapannya sendiri. MM 

BACA JUGA

Hasil Test MotoGP Sepang, Malaysia 28 – 30 Januari 2018

BAGIKAN