nhk

Jelang Tes MotoGP Australia 2017: Fairing M1 Rossi dan Vinales Legal… Titik!

winglet M1 2017-1

ManiakMotor – Fairing dua lapis M1 masih tetap dibicarakan. Kendati fairing model ini sudah diperkirakan panitia MotoGP akan muncul menggantikan winglet. Wing model lama dilarang lantaran bukan menjadi kesatuan dengan fairing.

Artinya winglet dan semacamnya bila masih menyatu atau tergabung dengan fairing induk dan dimensinya aman, itu sah. “Yang dilarang itu yang bentuknya menonjol atau bodywork yang tidak terintegrasi pada bodi (fairing). Misal sayap, sirip atau tonjolan yang berefek pada aerodinamis,” sebut direktur teknis MotoGP Danny Aldridge pada crash.

Contoh pada Yamaha yang muncul di tes Sepang lalu, dianggap diperbolehkan. Karena tak ada tonjolan yang dimaksud oleh peralrangan. Milim M1 itu menyatu pada dinding bagian bawah depan. Tapi di dalamnya ada rongga yang dari luar kelihatan tersusun sirip-sirip di situ. Alasan Yamaha sih, untuk corong angin.

Malah Aldrige memperkirakan, model fairing seperti Yamaha ini akan merebak saat test Sepang. Pada kenyataannya baru M1 yang menggunakannya. “Bagi saya, model seperti itu diperbolehkan. Bentuk fairing M1 kurva-nya kontinyu dengan dimensi yang konstan dari atas-bawah. Tidak ada variasi tonjolan seperti winglet lama yang mengancam keselamatan pembalap lain,” tambah Aldrige yang bilang fairing Yamaha itu sudah dia ketahui sejak awal.

Karena sudah ada contoh dari Yamaha, niscaya merek lain akan muncul dengan inovasi berbeda. Tentu akan mereka coba dalam dua kesempatan testing di Australia pada 15 – 17 Februari 2017 dan juga di Qatar. Kita lihat saja nanti yang artinya winglet versi M1 Valentino Rossi dan Maverick Vinales, legal adanya. Ito

BAGIKAN