nhk

Jelang Tes MotoGP Australia 2017: Temuan Riset Pada M1 Rossi Bukan Fairing, Tapi Yang Ini…

M1 2017 sayap-1
Nggak mungkin fairing M1 temuan Rossi

ManiakMotor – Fairing dua lapis M1 bukan menjadi isu jelang test Australia pada 15 – 17 Februari 2017. Fairing tersebut dianggap berhasil menggantikan winglet, walau nggak sedahsyat sayap eksternal yang sudah dilarang. Tapi apa yang disebut Valentino Rossi temuan yang menarik untuk kemajuan M1 2017.

Temuan yang menurut Rossi nggak bisa diterapkan segera pada test Sepang. Berarti temuan besar yang tentu saja bikin enak motor dikebut. “Temuan itu harus dibawa ke Jepang untuk dibikin bentuk nyata. Hasilnya nanti di tes di Philip Island,” sebut Rossi yang dari kombinasi tes Sepang ke-6 dengan selisih 0.221 detik dari yang tercepat.

Tidak disebut jelas temuan tersebut. Mungkin bodi? Tapi kalau bodi nggak nggak mungkin lantaran sudah ada fairing akal-akalan. Bisa saja sasis atau mesin, lantaran harus dibawa ke Jepang. Proyeknya besar tuh. Harus dikerjakan mesin pencetak sesuai maunya Rossi. Itu mengingat saat test di Sepang, Rossi lebih banyak bicara sasis.

Katanya saat tes Sepang sasis baru difokuskan untuk mengawetkan ban, agar nggak habis duluan saat berlomba. Dan di Sepang tersebut sudah mencuat ada perbaikan. “Intinya temuan tersebut sangat menarik untuk pengembangan M1,” tegas The Doctor lagi.

Analisa pada mesin, dapur pembakar M1 itu pasti nggak banyak diutak-atik dari edisi 2016. Mesin tahun lalu sudah mumpuni. Apalagi kalau dilihat pada M1 yang digeber Mavarick Vinales yang merajai tes Sepang. Berarti hanya seputar sasis dong. Ah kalau begitu tunggu saja tes Australia. Ito

BAGIKAN