nhk

Jelang Tes MotoGP Qatar 2017: Aleix Espargaro Menangis, ‘Sakitnya Tuhi’ Dengan Suzuki

Aleix Espargaro Aprilia

ManiakMotor – Pantas Aleix Espargaro berlatih keras. Tiada hari tanpa olah fisik. Tekun sekali. Ternyata dia sedang punya ‘sakitnya tuh di sini’ disepak dari Suzuki tahun ini. Katanya, Suzuki nggak punya etika menggantikannya dengan Andrea Iannone. Padahal selama di Suzuki, ia selalu sopan, berkata kasar atau bilang ‘tai’ dalam tanda petik saat Suzuki pelan atau jatuh, tak pernah. Sikapnya selalu manis.

Aleix mengisahkan selama dua tahun di Suzuki dia diperlakukan bak ‘raja’. Semua serba indah. Tapi katanya Suzuki juga yang bikin dia ‘sakit hati’. “Masak sih para petingginya bersama mekanik bicara di paddock, saya digantikan Andrea (Iannone). Di tengah saat GP berlangsung pula. Cara para bos Suzuki kurang tepat. Hati saya sakit di situ,” kata Aleix dengan wajah penuh ambisi memperlihatkan pada Suzuki, mereka keliru membuangnya.

Aleix berlatih lebih keras

Semakin sakit, saat rapat bersama para jajaran Suzuki MotoGP berembuk soal penggantiannya, dia nggak diberi tahu. Tempenya, eh, tahunya justru dari mekanik yang seharusnya bukan tugasnya mengabarkan pada Aleix. Pertemuan itu dihadiri oleh Iannone sendiri. Ceritanya saat GP Mugello 2016, Aleix sudah datang Rabu sore di kawasan Mugello.

Lantas, seorang mekaniknya bercerita, bahwa Rabu pagi sudah terjadi pertemua jajaran bos Suzuki dengan Iannone. “Wah itu bikin tak enak hati. Iannone menggantikan saya, ndak masalah. Di saat sama saya nggak kompetitif. Saya tidak pernah menyalahkan motor. Tapi cara mereka itu menurut saya bukan yang seharusnya,” sebut Aleix di crash yang bilang seharusnya Suzuki jauh hari memberitahukan dengan professional dia akan diganti, bukan diam-diam.

Kini Aleix sudah ke Aprilia, merek baru tiga tahun di MotoGP. Malah kata Aleix turun dua tingkat dari Suzuki. “Bagi saya ini motivasi. Makanya yang dilakukan diberlatih lebih keras. Mungkin selama karir saya, tahun ini adalah kerja keras dari fisik yang pernah dilakukan,” tambah Aleix yang selalu terlihat berolahraga saban hari dan mulai dapat hasil dari kombinasi tes Sepang posisi 13. Lalu ke-10 di tes Australia.

Itu tadi, membalas sakit hatinya. Karena dengan peristiwa dengan Suzuki dia mengaku menangis. Jarang dia menangis sampai tersedu-sedu. Tapi cara Suzuki itu sakitnya tuh di sini. Sabar deh. Miolo