nhk

Jelang Tes Pramusim MotoGP 2017 Sepang; Penentuan Karakter Mesin

Test Sepang 2017

ManiakMotor – Test di Sepang, Malaysia agenda paling penting untuk semua tim. Peserta di situ sudah harus menentukan speksifikasi motor, terutama mesin yang diajak bertarung 2017. Boleh dikata test-tes susulan hanya akan melengkapi kekurangan Sepang. Habis itu, siap atau tidak mesin, langsung dibungkus, sepanjang tahun dilarang keras merevisi kesalahan.

Uji coba di negara tetangga itu,  penentuan dari beberapa versi karakter mesin untuk 2017. Dari sini tinggal memperkuat karakter yang dimau. Sebab Sepang adalah representative dari semua sirkuit yang ada di seluruh benua. Dalam satu sirkuit mewakili karakter pendek dan panjang. Bisa bermain gigi rendah sampai tinggi lewat dua trek lurusnya.  Ya semacam berjudi memilih spek mesin.

Makanya jangan keliru menentukan mesin yang akan dibawa pada test lanjutan di Australia dan Qatar. Wah kalau itu sih jangan mengajari ikan berenang. “Semua perubahan M1 dari 2016 ke 2017, memang harus dilihat di Sepang kembali, karena test Sepang ini durasinya lebih panjang dari Valencia. Di saat lain, usai balap, pabrik telah melakukan pengembangan,” kata Valentino Rossi mengenai M1 2017-nya.

Senada dengan Rossi, pembalap Ducati dan krunya juga podo. Saat peluncuran baru lalu di Italia, mereka masih menunggu keputusan akhir soal pengembangan mesin mereka untuk 2017. Yang jelas tetap pada rel riset yang sudah terbukti dua kali juara seri 2016. Sopasti juga tim lain akan berlaku sama. Sayang Suzuki dan Honda belum bicara. Karena keduanya belum memperkenalkan tim 2017. Honda malah akan melakukan peluncuran usai tes Sepang. Tepatnya 3 Februari di Indonesia.

Tetap saja info-info di test Sepang menggoda untuk ditunggu. Apa saja keputusan pabrikan untuk berstrategi di serial MotoGP 2017? Dan paling penting menunggu catatan waktu setiap pembalap. Dari time mereka boleh  dideteksi peluang tahun ini. Ingat ya, testnya 30 Januari – 1 Februari 2017 atau mulai Senin depan. Ito

BAGIKAN