nhk

Jelang Test MotoGP 2014 Sepang, Malaysia; Rossi Cs Berusaha Kebentuk Asli

 

ManiakMotor – Test pramusim setelah libur panjang di sirkuit Sepang, Malaysia, minggu depan atau 4 – 6 Februari 2014 belum lansung joss. Pembalap di hari pertama baru akan mencari bentuk permainan mereka yang ditelan libur panjang. Otomatis testing dalam hal teknik terhadap motor juga belum maksimal. Mungkin itu hari pertama, kalee.

Liburan sekitar 3,5 bulan, mereka sama sekali tak menunggang motor prototipe. Memang sesekali ngengas di balap yang lain. Bahkan, Marc Marquez, Valentino Rossi dan sebagainya berlatih dengan dirt track.  Namun itu belum cukup, hanya sekadar untuk menjaga kebugaran, pelemasan sekaligus feelingngebut.

Karena itu saya rajin ke sirkuit dirt track dan bahkan ikut lomba. Baru lalu juga main X-Trail,” jelas Marquez yang sempat ikut lomba dirt track di negaranya. ia tidak finish akibat sabet-sabetan dengan juara dirt track sebenarnya dari Amerika. Toh, Marc dan kawan-kawan sesama pembalap MotoGP mengaku dari pada tidak berlomba, acara itu cukup untuk menjaga keterampilanp.

“Untuk mencapai ke bentuk asal memainkan motor tidak mudah di testing pertama Sepang. Bisa saja, saya hanya berkutat mengembalikan performa  sendiri setelah libur panjang,” jelas Cal Crutchlow, pembalap Ducati  sembari mengingatkan dirinya sendiri. Apalagi di testing ini kabarnya penentuan Ducati akan ikut Open Class atau pabrikan.

Jorge Lorenzo andalan Yamaha Factory Racing baru lalu mengaku harus menurunkan berat badan akibat terlena jalan-jalan saat liburan Natal dan tahun baru. Menurunkan badan belum cukup waktu dua minggu saat dia bicara menuju test pramusim Sepang. Ia hanya mengaku saat di Jakarta akan rajin ke gym. Juga tidak bercerita target di Sepang nanti saat test. “Cuma saya harus secepatnya, agar di awal-awal seri bisa menghimpun poin yang banyak,” ucap Lorenzo.

Sebaliknya, liburan diberikan panitia MotoGP juga ada faedahnya. Manajemen tim, mekanik, dan mereka yang terlibat termasuk pembalap dibebaskan dari rutinitas bunyi-bunyian kanalpot dan panasnya kompetisi yang memang panas. Begitu kembali ke sirkuit semuanya segar, fress and semangat. “Itu yang saya harap. Selalu semangat untuk 2014,” timpal Rossi yang memang selalu energik bercerita soal peluang 2014 dan akan dimulai ditesting Sepang.  

Maksudnya, tetap ada kejutan saat test nanti. Ya siapa tahu catatan waktu bisa berada di bawah 2 menit dengan pengeraran tersebut. Saat ini catatan Sepanmg seputar 2 menit 0.011 detik atas nama Marc Marquez dengan Honda RC213V. Itu  tak sampai sekedip sudah di bawah 2 menit. Hanya butuh sekadap alias lebih cepat sikit dari motor atau  jokinya sudah pecah tuh. Ayo… Ito  

BACA JUGA

MotoGP 2014: Livery M1 Lorenzo-Rossi Bisa Berubah, Masuknya Movistar..?

MotoGP 2014 Remy Gardner Dimatangkan, Penerus Stoner Masa Depan

MotoGP 2014: 28 Februari, Status Ducati Ditentukan

MotoGP 2014 Jelang Test Sepang: SSG Di M1 Tech3 Belum Pasti

 

BAGIKAN