nhk

Jelang Test MotoGP Australia 2017: Johann Zarco, Rookie Cemerlang Dengan M1

Johann Zarco test Sepang 2017

ManiakMotor – Belum sampai salto-salto seperti kebiasaannya di Moto2 pada dua tahun berturut. Di MotoGP peluang menang dan salto belakang bagian dari selebrasi Zarco, sangat tipis dilakukannya. Soalnya Zarco seorang rookie yang bernaung di tim satelit dengan motor M1 kelas dua milik Tech 3, pula.

Namun di test Sepang, Malaysia lalu, sudah sama dengan salto-salto posisi Zarco di hasil test. Di hari kedua dia bisa ke-5 loh. Hari ketiga pun masuk 10 besar dan sejak awal sudah berada di rombongan depan. “Ah biasa saja. Masih banyak pemain yang lebih cepat dan lebih senior dari saya,” sebut Zarco soal peringkatnya yang menurutnya belum ada artinya dibanding lawan-lawannya.

Boleh pembalap Perancis itu merendah. Namun di saat para pemain papan atas dengan motor pabrikan setengah payah berlari di bawah 2 menit, Zarco mampu melakukannya. Dia satu-satunya rookie yang bisa berlari 1:59 yang tepatnya 1:59.772. “Bila ditanya pada diri saya, masih banyak hal yang harus dipelajari menggunakan motor MotoGP. Terutama dari segi kontrol bodi dan mesin,” tambah Zarco yang kembali merendah.

Nggak sombong memang dia. Dari akumulasi tiga hari tes, Zarco berada di urutan ke-11. Tapi selisihnya dengan yang tercepat hanya 0.404 detik. Tipis memang. Itu artinya, skill yang bisa dilakukan Zarco dengan M1 Tech nggak jauh dengan lawan-lawannya. Pantas memang, karena dalam sejarah Zarco bisa dua kali berturut juara Moto2. Speksifikasi yang memang bisa diandalkan loncat ke MotoGP.

Ya oke deh, selanjutnya Zarco masih akan belajar banyak mengontrol motornya, agar lebih kencang lagi di test Australia pada 16 – 17 Februari 2017. Semoga Zarco juga bisa salto-salto dalam arti lain di hasil test. Ito

BAGIKAN