nhk

Jelang Test MotoGP Jerez Pramusim, Suzuki Masih Terlalu Dini Sebut Mesin Segaris Lemah Top Speed

ManiakMotor – Di lintasan MotoGP modern, ada dua merek yang menggunakan mesin segaris atau sejajar. Yakni Yamaha dan Suzuki. Kebetulan keduanya dalam isu 2019 payah dalam top speed. Dan memang kenyataannya begitu.

Karenanya dua merek ini untuk 2020 mencanangkan mesin yang tak kalah dalam kecepatan tinggi. Namun saat test pertama untuk pramusim di Valencia baru lalu, termasuk Suzuki dengan mesin 2020-nya belum maksimal dalam top speed. Maka disebut pula, mesin sejajar akan sulit mendongkrak bagian ini?

“Masih terlalu dini untuk mengatakan kesimpulan soal mesin Suzuki. Apalagi, di Valencia kami tidak fokus pada top speed, lantaran sirkuit itu bukan untuk adu kecepatan tinggi. Yang jelas di tes pertama kami berada di jalur yang benar,” sebut Ken Kawauchi, menajer teknis Suzuki MotoGP usai tes di Valencia.

Mari diteropong soal kecepatan tetinggi Suzuki saat test. Justru GSX-RR milik Joan Mir yang mampu berlari 321.3 km/jam di trek lurus Valencia yang hanya 876 meter dengan catatan   1’30.427 yang menempatkan Mir di posisi kelima di tes Valencia. Itu tercepatnya Suzuki selama test. Malah punya Alex Rins hanya 319.8 km/jam dengan catatan 1’30.503 yang ke-6.

Sekadar perbandingan saat race di ronde akhir MotoGP di Valencia, Mir mampu top speed 327 km/jam di situ. Sedang Rins bisa berlari 325 km/jam yang saat tes tak bisa didapat oleh dua pembalap Suzuki. Sekadar tahu saja, saat lomba Marc Marquez yang juara dengan Honda-nya berlari 330.5 km/jam top speed-nya di situ. Itu sama dengan Ducati digeber Andrea Dovizioso ketika lomba.

“Kemarin saat test kami menerima umpan balik positif darkedua pembalap. Kami pada  elektronik. Sekali lagi, belum menyentuh top speed yang kami pandang di Valencia bukan tempatnya,” tegas Kawauchi lagi.

Maksudnya untuk top speed nanti di test kedua pramusim di Jerez, Spanyol pada 25 –  November 2019. Tapi kalau disebut Jerez untuk top speed nggak juga, lha wong trek lurusnya hanya 607 meter atau lebih pendek dari Valencia. Tapi ini sirkuit punya sudut-sudut putaran tinggi. Mungkin maksudnya untuk top speed nanti di test Sepang, Malaysia yang punya dua trek lurus panjang, nanti Februari tahun depan. MM

BACA JUGA

Jelang Test MotoGP Jerez Pramusim: Yamaha Bawa M1 2020 Settingan Valencia, Perbandingan..!

Jelang Test MotoGP Jerez Pramusim 2020: Alex Marquez Tegaskan Ilmu Balap Bukan Hanya Dari Kakaknya

Usai MotoGP Valencia 2019 Jorge Lorenzo Langsung Ke Bali, Kencan Dengan Nikita Mirzani


Warning: A non-numeric value encountered in /home/customer/www/maniakmotor.com/public_html/wp-content/themes/Newspaper/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353