nhk

Jelang Test MotoGP Qatar 2019: Progress Yamaha M1, Kencangnya Dari Vinales, Rossi Cukup Omongannya

ManiakMotor – Dari segi time progress Yamaha M1 2019 di tes Sepang tiga hari, itu ada pada M1 Maverick Vinales. Di data yang dipuji pengamat, M1 Vinales yang terbaik sepanjang testing. Dia paling konsisten dan paling banyak berlari di bawah 2 menit di Sepang. Hari ketiga saja dia 14 kali mencetak 1;59 dan tiga kali 1:58. Hari ke-2 dia satu-satunya pencetak 1:58 dan enam kali berlari di bawah 2 menit. Belum lagi saat simulasi balapan.

Sedang dari Valentino Rossi dengan umur beberapa hari lagi 40 tahun, agak sulit melihatnya melakukan kecepatan time. Beberapa hari sebelumnya ketika meluncurkan Monster Yamaha MotoGP di Jakarta, Rossi menjawab pertanyaan portal ini. “Umur 25 tahun dengan 40 tahun, jelas sangat terasa bedanya. Tapi umur 36 tahun dengan 40 tahun hampir sama,” papar Rossi yang artinya kebut-kebutan cari waktu seperti test Sepang, itu hak yang berumur 35 tahun ke bawah, hehe.

Bukannya menuduh Rossi sudah nggak sanggup kebut habis seperti muridnya Francesco Bagnaia atau Franco Morbidelli, keduanya mengalahkannya pada kecepatan di test Sepang. Rossi sekarang terbentuk khusus bertarung, jika ada point. Petarung lomba, bro! Sementara, testing nggak punya point apa-apa. Buat apa geber habis yang punya risiko. Sementara sifatnya test, ya melacak pengembangan.

Dari omongan Rossi tergambar jelas, prospek masa depan M1 2019. Apakah jalan di tempat, apa ada kemajuan? “Sepanjang dua tahun lalu kami tersesat. Tapi sekarang, sudah ke arah yang benar. Garasi sekarang diisi orang-orang yang punya ide cemerlang untuk pengembangan M1 ke depan. Ibarat kata, saya dan Vinales berlayar pada arah yang sama,” papar Rossi dari hasil test Sepang.

Benar sih dilacak dari kecepatan dilakukan Vinales yang tak kenal suhu. Maksudnya mencetak di bawah 2 menit tadi, dilakukan pagi, siang dan sore di Sepang. Berarti M1 memang telah membaik di segala panas lintasan. Awalnya dari perombakan mesin M1 2019 yang sisi engine brake diperkental agar mudah dikontrol masuk tikungan. Keluarnya juga nggak melebar dibejek alias pada kecepatan penuh tetap pada racing line.

Rossi menggaris bawahi masih banyak pekerjaan dilakukan pada test Qatar nanti. Akan tetapi itu tadi, jelas arah pekerjaannya, “Intinya ada solusi yang sama antara mekanik dan pembalap untuk M1 lebih baik. Itu sangat penting,” papar Rossi yang mencetak 1:59.155 di test Sepang dan ke-9 di kombinasi tiga hari. Time itu sejarah buat Rossi sendiri selama berpuluh tahun tampil di Sepang. Ya catatan itu yang tercepat buat dirinya. Itu sama saja, M1-nya membaik. Tahun lalu Rossi saat testing hanya 1:59.390 dan juga ke-9.

Sebelum test Qatar, The Doctor akan bikin pesta di ranch miliknya di Tavullia untuk menyambut umur 40 tahun. Pesta itu diadakan 15 Februari malam menunggu tagal 16 sebagai kelahiran Rossi. Dikabarkan akan ada 200 ratusan tamu yang kebanyakan muridnya di VR46 Riders Academy. Plus Francesca Sofia Novello si model cantik pacarnya. Juga Vinales sendiri yang disebut-sebut  akrab dengannya pada dua tahun ini, sebelum mereka berangkat ke Qatar untuk tes terakhir. Miiolo

BACA JUGA

Hasil Test MotoGP 2019 Sepang 6 – 8 Februari 2019 Dari Jam Ke Jam

MotoGP 2019: Marquez Dari Test Sepang Langsung Ke Bandung, Indonesia

Pasca Tes MotoGP Sepang 2019: Bagnaia Kedua Pakai Ducati 2018, Marquez Pun Belum Pernah Melakukan