nhk

Jelang Test MotoGP Qatar 2020: Ban Baru Jadi Masalah Besar Buat Ducati Dan Honda..!

ManiakMotor – Ducati pabrikan nyaris tak berkutik sepanjang test di sirkuit Sepang, Malaysia 7 – 9 Februari 2020. Dua pembalapnya – apalagi Andrea Dovizioso – sibuk menyetel dirinya dan motor bersama ban baru Michelin. Honda pun demikian, walau sulit dijangkau dengan analisa lantaran Marc Marquez bahunya belum terlalu sehat. Maka isu di paddock pun meluas, kompon senyawa baru menguntungkan Suzuki dan Yamaha.

“Setelah diamati Ducati dan Honda dalam krisis cukup besar soal ban baru. Tanda-tandanya mereka nggak cocok dengan ban sejak dari Brno ketika Michelin memberi waktu pembalap coba ban tersebut. Makin jelas saat test di Sepang,” papar Carlo Pernat seorag pengamat MotoGP yang saat ini lagi naik daun, lantaran pengamatannya selalu jitu.

Di Sepang mereka yang nggak cocok dengan ban menuding, profile karet hitam ini kurang pas dengan rangka Ducati dan Honda. Ducati yang kelemahannya selama ini pada tikungan, eh semakin lemah di area tersebut. “Saya kesulitan membaca maunya ban untuk melakukan penyetelan motor. Terlalu kelamaan menyatukan tipikal ban dan gaya saya,” kata Andrea Dovizioso terhadap ban tersebut yang akhirnya dituding membuatnya jartuh akibat dari ban ini.

Beda lagi dengan Marquez yang tidak menyalahkan ban saat dia jatuh di hari kedua test di Sepang. Tapi katanya bagian depan motor sulit mendapat reaksi mendadak, “Ketika keluar dari racing line, makin sulit dapat grip,” kata Marquez yang menurutnya saat dia jatuh kehilangan kontak kompon depan dengan aspal ketika menikung.

“Honda memang kuat terhadap mesin. Namun kalau sasis kurang pas dengan ban, itu masalah juga. Tapi setahu saya, Michelin tidak pernah membantu merek atau pembalap individu. Setiap tahun mereka mengembangkan ban agar bagus untuk semua peserta,” sebut Pernat seperti menetralkan isu Michelin yang baru dibuat untuk Yamaha dan Suzuki. Miolo

BACA JUGA

Hasil Test Resmi MotoGP Sepang, Malaysia, 7 – 9 Fabruari 2020

MotoGP Sepang 2020: Lorenzo, Yamaha Kepung Marquez, Merek Punya Tiga Pembalap Pemenang..!

Pasca Test MotoGP Sepang 2020: Marc Marquez ‘Sindir’ Kecepatan Tes Beda Dengan Kualifikasi Lomba


Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353