nhk

Jelang Test Pramusim MotoGP Jerez, Rossi Coba Mesin M1 2019 Di Aspal Licin

ManiakMotor – Yamaha di test pramusim MotoGP Valencia, Spanyol pada 20 – 21 November kemarin, hanya fokus pada mesin baru. Sasis menurut pengakuan mereka sama sekali belum disentuh. Coba sampai puas mesin yang evolusi dari M1 2018.

Termasuk Valentino Rossi mencoba dua mesin pada dua hari test tersebut. Mesin versi baru ini yang belum dijelaskan spesifikasi perubahannya. Misalnya porting masuk dan keluar bahan bakar? Atau bentuk kruk-as, agar torsi mesin lebih halus memproduksi tenaga tercapai seperti tujuan awalnya. Atau noke-as berapa derajat, hehe, emang lu pikir mesin bebek.

“Mesin ini punya kelebihan pada engine brake. Munculnya tenaga juga bertingkat. Dua karakter ini bisa menghemat penggunaan kompon,” papar Rossi yang mencoba dua mesin baru di Valencia. Katanya dua mesin itu hampir mirip, tapi beda. Wah… Rossi dari kombinasi ke-9 dengan catatan 1:31.371 atau terpaut 0.614 detik dari yang tercepat atas nama rekan setimnya.

Soal posisi itu Rossi nggak peduli. Baginya mesin M1 2019 ada peningkatan yang banyak dibanding sebelumnya. Dia telah mencoba membandingkan dengan yang lama dengan dua yang baru. Di hari pertama coba 40 lap dan hari kedua 63 lap. Totalnya 103 lap. Cukup lumayan untuk merasakannya.

Rossi sudah mendapatkan materi yang akan diuji di sirkuit Jerez, “Jerez trek lain yang berbeda dengan Valencia. Kami akan coba memahaminya dengan cara yang lebih baik. Test Jerez penting, Mei lalu di sana kami kurang cepat dengan persoalan grip yang licin. Kalau di sini oke, tinggal tunggu tahun depan,” tambah Rossi. MM

BACA JUGA

Hasil Test MotoFP Pramusim 2019 Valencia

Bagnaia Rookie Terbaik, Juga Ke-11 di Test Valencia MotoGP Pramusim 2019

Test MotoGP Pramusim Valencia 2019, Morbidelli Kalahin Rossi Sebagai Gurunya

Lorenzo Dilarang Bicara Soal Test Pramusim 2019 Valencia, Dibungkam Duit Dia…!

Vinales Tercepat Hari Kedua Test Pramusim Valencia, Mesin M1 2019 Mantap

BAGIKAN