nhk

Jelang Test Qatar 2020: ‘Ati-Ati’ Teknologi F1 Aprilia, Di Sepang Selisih 0.345 Detik..!

ManiakMotor – Aprilia untuk MotoGP 2020 merancang ulang motornya yang RS-GP 2020. Mesin saja dari V4 75º menjadi V4 90º. Otomatis distribusi bobot mesin berubah sehingga mengganti pakem rangka sebelumnya pula. Sebut saja Aprilia merek yang satu-satunya memperkanalkan motor baru di MotoGP yang ditunggangi isu memakai teknologi F1, sebab bos teknis yang baru memang berasal dari F1.

Tapi hasilnya sungguh luar biasa dengan posisi Aleix Separgaro sebagai jokinya berada di posisi 10. Untuk ukuran rekor mereka sendiri dari empat tahun lalu ikut MotoGP, baru test ini bikin 1:58.694 dan bukan hanya sekali, tapi beberapa kalau dimulai 1’58 koma besar. Sebagai perbanding tahun lalu menggunakan motor lama saat test yang sama catatan terbaik mereka 1:59.962.  Lalu di kualifikasi MotoGP Sepang pada November 2019 adalah 1’59.435 yang biasanya di barisan terakhir.

Aksi Aleix dengan Aprilia baru

“Ini baru titik awal. Jalan masih panjang. Tapi langkah pertama dengan mesin baru sangat posistif di tes Sepang dan hanya selisih 0.345 detik dari yang tercepat. Paling penting lagi pembalap kami Alex langsung menyukainya. Ini karena terobosan ulang perancangan mesin yang disebut langkah lain. Berani ambil langkah lain, pasti juga bisa bertarung dengan orang lain,” papar Massimo Rivola,  direktur racing Aprilia MotoGP yang baru dan berasal dari F1.

Rivola tak mau hanyut dalam eforia, dia tetap menginjak bumi. Karena mesin baru dirancang bangun dari lembaran kertas dan ternyata positif, maka ke depan banyak tantangannya. Terutama cara penyetelan sesuai sirkuit ke sirkuit. Lalu pengambangan dan sebagainya seperti halnya perjalanan teknologi baru.

Berikutnya test di Qatar menurut Rivola mereka masih fokus pada mesin, “Karena konstruksi mesinnya baru, persediaan mesin juga minim. Makanya setiap perbaikan dan pengembangan dilakukan di lokasi. Mesin memang harus  dikembangkan terus menerus. Makanya targetnya akan sangat kompetitif di pertengahan serial. Awal serial untuk mengamati dan memberi tindakan pada RS-GP 2020 yang barua semunya ini,” tutup Rivola dengan senyum setengah sakses, disebut setengah belum ada podiumnya hehe. Raider

BACA JUGA

Jelang Tes MotoGP Qatar 2020: M1 Baru Valentino Rossi Membaik, Butuh Ujian Lagi..!

Jelang Test MotoGP Qatar 2020: Ban Baru Jadi Masalah Besar Buat Ducati Dan Honda..!

MotoGP Sepang 2020: Lorenzo, Yamaha Kepung Marquez, Merek Punya Tiga Pembalap Pemenang..!


Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353