nhk

Jelang Test Sepang 2018: Dovi Sindir Siapa Nih, Jangan Kencang Duluan Saat Testing

04 Dovizioso Austria 2017j

ManiakMotor – Antara mendorong keras atau membuka kecepatan 100 persen dan jatuh itu sangat tipis di balap motor. Jatuh dan cidera juga sehelai rambut bedanya. Terutama MotoGP yang tinggal hitungan minggu untuk testing resmi kembali di Sepang, Malaysia pada akhir Januari 2018. Sebaiknya di situ jangan kencang-kencang dulu, agar nggak cidera duluan.

Itu yang bicara Andrea Dovizioso loh. Omongannya seperti menyindir, entah siapa yang disindir. Katanya saat testing itu jangan sampai cidera, kalau cidera indentik jatuh. “Karena tes penentuan motor siap lomba. Harus fokus pada kelemahan dan apa keuntungan untuk pengembangan, bukan adu cepat,” kata Dovizioso seperti mengajari pembalap lain yang artinya santai aja bro, yang harus cepat itu pada lombanya.

Dovi memang tidak menampik anak-anak muda sekarang di MotoGP saat melakukan test sudah seperti angin, hehe. Mereka memang cepat seperti pada lomba. Tapi katanya lagi, ada yang saat tes seperti sangat sulit dilawan, namun pada akhirnya saat lomba biasa saja tuh.

Eit… itu alenea di atas masih menurut Dovi loh. Nah ini referensinya. Kamu tahu sendirialah saat testing pramusim tahun lalu, Maverick Vinales seperti nggak lawan. Tapi kenyataannya, Vinales malah bablas, apalagi usai paruh musim yang nggak dapat apa-apa.

Intinya, buat Dovi untuk menghadapi test konsentrasi penuh bagaimana menyusun motor siap tarung saat serial berjalan. “Setiap pembalap berbeda cara cari setelan motor. Ada yang harus mendapatkannya harus membuka kecepatan di atas limit seperti Marc Marquez. Kalau saya, mendingan jangan cidera dulu,” pungkas Dovizioso yang artinya jangah berharap macam-macam alias kencang bangat motornya saat test nanti. Miolo