nhk

Jelang WorldSSP300 Ceko: Galang Hendra Nggak Kenal Sirkuit, Tapi Punya Kans

ManiakMotor – Galang Hendra Pratama akan kembali mengaspal pada seri lanjutan  WorldSSP300 di Sirkuit Brno, Ceko, akhir pekan ini (8-10/5-2018). Galang belum pernah berkompetisi di lintasan Brno, namun motivasi pembalap binaan Yamaha Indonesia tersebut sangat kuat.

Biasanya sih berkompetisi full-series, tahun bertama untuk mengenal trek yang disinggahi. Itu menjadi modal bagi Galang untuk bersaing di musim selanjutnya. Termasuk proses komunikasi yang terjalin dengan kru tim. Tapi Galang dengan mempelajari dari game video balap motor, dia bisa kenal lebih awal sirkuit, seperti yang ia lakukan saat juara di Jerez tahun lalu dengan wild card.

Maka Galang yang membela Yamaha Biblion MotoX Racing di Brno berjanji akan bertarung optimal. Sebisanya berprestasi lebih baik dari sebelumnya. Dia konsisten mewujudkan semangat Merah Putih Semakin Di Depan. Itu tadi, cepat adaptasinya pada  sirkuit.

Trek Brno di Ceko ini panjangnya 5,403 meter dengan 14 tikungan, 8 ke kanan dan 6 ke kiri. Trek lurusnya 636 meter dengan lintasan searah jarum jam (clockwise). “Seperti biasa saya sudah pelajari sirkuitnya dari Play Stasion dan di YouTube. Practice nanti harus cepat untuk beradapatasi dengan set-up motor. Saya berusaha untuk bisa fight di rombongan depan sekaligus memperbaiki klasemen poin,” ucap Galang Hendra.

Saat ini Galang yang terbaik di antara pembalap Yamaha yang menggunakan YZF-R3 berdasarkan hasil putaran WorldSSP300 di Donington Park, Inggris, beberapa waktu lalu (27 Mei). Galang yang start dari grid ke-11 finish ke-9. Menembus dominasi Ninja 400 dan RC390 yang memiliki kapasitas silinder lebih besar 100 cc.

Saat ini Galang ke-12 di kalsemen. Di atasnya ialah 7 petarung Ninja 400 dan 4 lagi KTM RC390. Pihak penyelenggara (Dorna) memang belum menemukan formulasi agar balapan kompetitif. Saat ini yang dibatasi pada Kawasaki soal putaran esin dan bobot. Gambarannya, WorldSSP300 Donington Park, Inggris, top speed Ninja 400 dan RC390R berkisar 196 km/jam, sedangkan R3 Galang 191,7 km/jam. Perbedaan itu belum termasuk akselerasi.

Di klasemen Galang juga terbaik di antara rider yang diprogram bLU cRU Challenge 2018. Mulai Luca Bernardi ke-19, Dennis Koopman peringkat 23. Sedangkan Hugo De Cancelis dan Jeep Overbeeke belum juga memperoleh poin.

Jaga tanggal mainnya di Brno, latihan bebas (Free Practice) WSSP300 Brno, Ceko akan dimulai pada hari Jumat (8 Juni). Untuk jalannya race WorldSSP300 akan berlangsung pada pukul 14.20 waktu Brno, Ceko atau jam 19.20 WIB, Minggu (10 Juni). Rilis Yamaha Racing Indonesia

 

BAGIKAN