nhk

Jelang WSSP300 2018: Point Dua Seri Sebelumnya Ditiadakan? Kesempatan Buat Galang Hendra

ManiakMotor – FIM dan Dorna sebagai penyelenggara World Super Sport 300 sudah mengeluarkan buletin. Mereka sedang melakukan ivestigas teknik, maka point di Assen, Belanda kemarin sempat ditunda. “Maka di Imola ronde 3 kemungkinan point dari nol lagi, karena kekeliruan masalah regulasi,” kata buletin tersebut.

Ini dari buntut KTM Duke 390 dan Kawasaki 400 yang mesinnya 400 cc itu, tahun ini dimasukan sebagai peserta. Kedua merek dan tipe ini saat testing pramusim lewat analisa tekniks, keputusannya limiter ECU-nya 12.000 rpm. Nyatanya saat lomba, keduanya sangat dominan pada ronde 1 di Aragon, Spanyol.

Karena kurang adil itu, ronde 2 di sirkuit Assen, Belanda 15 April 2018 lalu, limiter KTM dan Kawasaki dikebiri lagi jadi 11.450 rpm. “Kembali nggak berimbang, lantaran data elektronik dicurigai beberapa tim masih memakai ronde 1. Diprotes lagi oleh empat tim seperti di buletin FIM dan Dorna. Ronde 3 di Imola (Italia) masih menunggu keputusan teknisnya,” papar  M Abidin, GM Aftersales and Motorsport Division PT YIMM yang mengutus Galang Hendra ke WSSP300 tahun ini. Galang memperkuat Yamaha Moto X Racing yang ikut full series.

Kira-kira begini, isi protes empat tim itu. Mereka mengacu pada pelanggaran teknis – Pasal 2.7.9.1, k. Maka itu masih dilakukan penyelidikan teknis lebih lanjut pada analisis data, agar ada keputusan yang adil. Keputusan akan dikeluarkan secara resmi saat seri Imola.

Galang Hendra sendiri mendengar dan mengamati cerita timnya, dua seri sebelumnya kemungkinan ditiadakan. Karena pada dua seri tersebut, Yamaha yang sudah jadi peserta tetap sangat dirugikan, “Kita lihat saja keputusannya nanti. Kalau Yamaha R3  sudah bisa sodok-sodok depan, artinya regulasi tekniknya sudah adil. Doakan saja, saya juga termasuk yang bisa ke depan,” kata Galang sebelum bertolak ke Imola, Italia pada Selesa 8 Mei 2018.

Kesimpulan tekniks ini juga akan mengeluarkan ronde 3 di Imola, Italia yang berlangsung 13 Mei, Kawasaki 400 dan KTM390 akan dikurangi 8 persen limternya. Miolo

BACA JUGA

WSSP300 Imola 2018: Limiter Rpm KTM390-Kawasaki 400 Ditekan 8 Persen, Galang Berpeluang

BAGIKAN